News
Rabu, 6 Februari 2013 - 10:41 WIB

DEMO BURUH: Jakarta Dikepung Puluhan Ribu Pendemo Hingga Pukul 16.30 WIB

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

JAKARTA–Sejumlah aksi unjuk rasa akan mewarnai Ibu Kota pada hari ini. Selain demonstrasi oleh buruh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, unjuk rasa juga dilakukan oleh beberapa organisasi masyarakat dan mahasiswa.

Advertisement

Berdasarkan data Humas Polda Metro Jaya, FSPMI bersama Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) akan bergerak menuju Bundaran Hotel Indonesia, Istana Negara, Balaikota DKI Jakarta, Kementerian BUMN, dan DPR RI.

Jumlah buruh yang akan berpartisipasi sebanyak 50.000 orang dan Demonstrasi dimulai pukul 09.00 WIB hingga 16.30 WIB.

Unjuk rasa sebanyak 300-500 anggota FSPMI juga akan terjadi di kantor PT Astra International Tbk, Jalan Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara, pada pukul 14.00 WIB.

Advertisement

Anggota FSPMI yang merupakan karyawan PT Toyota Astra Motor dan PT Patria Karawang menuntut dilaksanakannya jaminan kesehatan, jaminan pensiun, kelayakan upah sesuai 84 komponen, menolak penangguhan kenaikan UMP/UMK 2013, kenaikan tarif dasar listrik, komisaris baru PT Jamsostek, serta penolakan Inpres No.2/2013 Penanganan Gangguan Keamanan Dalam Negeri.

Selain itu, Kantor pusat PT Telkom di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan dan PT Graha Sarana Duta Menara Multimedia, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat tidak luput dari sasaran aksi unjuk rasa. Demonstrasi di Telkom berlangsung pada pukul 08.00 WIB -11.00 WIB sedangkan di Graha Sarana Duta pada pukul 11.00WIB -17.00 WIB.

Aspek Indonesia dan Serikat Pekerja Graha Duta dengan 250 anggota meminta penyelesaian permasalahan karyawan PT Graha Sarana Duta, yakni upah murah, penghapusan outsourcing dan union busting. Pukul 10.00 WIB di Kementerian Pertanian, Jalan Harsono RM, Jakarta Selatan dan Kementerian Perekonomian, Jakarta Pusat, ada aksi unjuk rasa oleh Forum Pemerhati Daging Impor Nasional Jakarta sebanyak 100 orang untuk meminta moratorium impor daging nasional.

Advertisement

Aksi unjuk rasa oleh Forum Masyarakat Koja sebanyak 25 orang di Alfa Mart Jalan Kramat Jaya, Koja, Jakarta Utara, pukul 11.00 WIB. Aksi menyikapi indikasi pelanggaran Pergub No.62/2010 tentang Penataan Usaha Mini Market di DKI Jakarta yang dilakukan Alfa Mart Koja.

Pukul 12.00 WIB di Kantor KPK, demonstrasi oleh Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Keadilan (AMPEKA NTB), sebanyak 100 Orang. Kelompok mahasiswa ini meminta pengusutan dan penuntasan kasus korupsi divestasi 24% saham PT Newmont Nusa Tenggara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif