News
Sabtu, 15 Agustus 2020 - 23:30 WIB

Deklrasi KAMI, Din Syamsudin Sebut Ada 150 Tokoh Bergabung

Newswire  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Inisiator KAMI Din Syamsudin, saat konferensi pers via daring, Sabtu (15/8/2020). (Tangkapan layar Zoom)

Solopos.com, JAKARTA -- Deklrasi KAMI (Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia) direncanakan pada 18 Agustus 2020. Din Syamsudin, salah satu inisiator KAMI menyebutkan ada 150 tokoh yang bergabung.

"Terdaftar sekitar 150 orang. Tak hadir semua pada deklrasi KAMI, yang hadir ini yang jadi deklarator komisi kerja," kata Din, saat konferensi pers "Penjelasan Deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI)" secara daring, Sabtu (15/8/2020).

Advertisement

Di antara 150 tokoh itu, yakni Rachmawati Soekarnoputri, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. Ada juga mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli, mantan Menteri Kehutanan MS Ka'ban, dan Ketua Umum FPI Sobri Lubis.

Heboh Pria Bawa Parang Nekat Masuk Polres Jember, Begini Ceritanya

Advertisement

Heboh Pria Bawa Parang Nekat Masuk Polres Jember, Begini Ceritanya

"Alhamdulillah, kami didukung oleh para tokoh dari berbagai elemen bangsa dan berbagai profesi. Banyak tokoh-tokoh lintas agama, cendekiawan, akademisi, aktivis, kaum buruh, angkatan muda, dan emak-emak. Kami koalisi yang menghimpun berbagai tokoh yang ada di masyarakat Indonesia. Termasuk mantan jenderal purnawirawan," kata saat konferensi pers deklrasi KAMI.

Para tokoh itu, kata Din, siap ikut serta dalam deklarasi KAMI yang akan digelar pada Selasa (18/8/2020)pukul 10.00 WIB di Tugu Proklamasi, Pegangsaan Timur, Jakarta.

Advertisement

Misteri Makam Tegalarum yang Dipercaya Paling Angker di Semarang

Banyak Dukungan

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu menegaskan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) tersebut bersifat sangat majemuk. Beranggotakan dari berbagai suku, agama, profesi, dan generasi.

Mengenai alasan deklarasi KAMI Din menjelaskan karena adanya persamaan pikiran dan pandangan dalam kehidupan kenegaraan Indonesia. Di mana akhir-akhir ini telah menyimpang dari cita-cita nasional dan nilai dasar yang disepakati para pendiri bangsa.

Advertisement

Covid-19 Indonesia 15 Agustus Tambah 2.345 Jadi 137.468 Pasien

Selain itu, Din juga mengklaim deklarasi KAMI telah mendapatkan dukungan dari berbagai daerah yang akan ikut mendeklarasikan dari daerahnya masing-masing. Dalam bentuk "join declaration".

"Alhamdulillah, jelang deklarasi KAMI sudah mendapatkan dukungan dari banyak daerah. Dengan terbentuknya KAMI Sumut, Sumsel, Jateng, Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Juga Jatim, Jabar, Kalsel, Sulsel, Sulbar, Kaltim, dan Gorontalo. Terbentuk KAMI di Amerika, Australia, Selandia Baru, Qatar, Swiss, Taiwan ,dan beberapa negara lain," katanya.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif