News
Rabu, 5 Agustus 2015 - 11:15 WIB

DANA BANSOS : Alokasi Bantuan Sosial dalam APBN 2016 Dikurangi

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi dana bansos (JIBI/Solopos/Reuters)

Dana bansos akan dikurangi pengalokasiannya pada APBN 2016.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, menyatakan pemerintah akan mengurangi alokasi bantuan sosial (bansos) dalam anggaran pendapatan belanja negara (APBN) 2016, untuk dialihkan kepada bantuan lain yang lebih spesifik.

Advertisement

Menurut Mensos, pemerintah akan memperketat pengajuan dana bantuan sosial (bansos) dalam APBN 2016.

“Pada APBN 2016 akan dilakukan penajaman, di mana bantuan spesifik untuk pemberdayaan masyarakat dikeluarkan dari bansos, tetapi diberikan dalam bentuk bantuan lain, seperti bantuan pendidikan dan bantuan kebudayaan,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Khofifah menuturkan selama ini pengertian bansos sangat luas, sehingga sering terjadi kesalahan dalam penyalurannya.

Advertisement

Dengan pengetatan tersebut diharapkan penyaluran bansos dapat lebih tepat sasaran dan jelas peruntukannya.

Menurut Mensos, penajaman itu juga akan membuat perubahan nomenklatur dan akun bantuan dalam APBN 2016. Pasalnya, penyaluran bantuan tersebut akan diberikan melalui kementerian terkait dan dana alokasi khusus ke daerah.

“Kementerian terkait juga harus berkoordinasi dengan BPK, BPKP, dan KPK, agar tidak ada masalah dalam penggunaan anggaran pada 2016,” ujar dia.

Advertisement

Dalam pengajuan bantuan tersebut, pemerintah daerah nantinya tetap harus melewati trilateral meeting, untuk kemudian disetujui dan dialokasikan dalam APBN. Dalam pengajuan bantuan tersebut, pemerintah daerah juga harus memiliki program dan perencanaan yang jelas.

Khofifah juga menyebut dengan penajaman tersebut, dana bansos yang dikelola Kementerian Sosial nantinya hanya untuk sumbangan tertentu. Bahkan, ke depannya, bansos akan dihapuskan dalam APBN.

“Kalau berdasarkan penjelasan dari Kementerian Keuangan, sepertinya begitu [bansos akan dihapuskan dari APBN],” ucap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif