News
Jumat, 14 April 2023 - 12:38 WIB

Daftar Masjid di Jalur Mudik Lebaran 2023, Silakan Mampir Berwisata Religi

Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Masjid Agung Banten (bantenprov.go.id)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendaftar sebanyak 27 masjid siap menjadi destinasi wisata religi di jalur mudik Lebaran 2023.

Diprediksi pada Lebaran 2023 akan ada 123,8 juta warga yang melakukan perjalanan. Puncaknya akan terjadi pada pekan terakhir April hingga Mei 2023. Semakin longgarnya aturan perjalanan membuat pergerakan masyarakat mudik diperkirakan melonjak dibandingkan tiga tahun sebelumnya. 

Advertisement

“Kami sudah menyiapkan beberapa paket wisata seperti desa wisata, hingga destinasi berbasis wisata religi bagi 123,8 juta wisatawan yang diprediksi akan melakukan perjalanan mudik tahun ini,” ujar Menteri Parekraf Sandiaga Uno usai rapat kerja di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (29/3/2023), mengutip Indonesia.go.id.

Untuk itu, Kemenparekraf meluncurkan e-booklet bertajuk “Mudik Jelajah Masjid #DiIndonesiaAja” dalam rangka menyambut musim mudik dan libur Lebaran 2023. Bahan informasi ini sebagai panduan para pemudik di kala perjalanan maupun saat bersilaturahmi di kampung halaman.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekra, Vinsensius Jemadu, saat peluncuran e-booklet, Senin (27/3/2023), mengungkapkan bahwa buku panduan itu merupakan bagian dari program “Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja” serta bertujuan memanfaatkan momentum musim mudik lebaran untuk memberikan informasi kepada pemudik tentang berbagai hal.

Isi dari panduan itu, di antaranya, terkait destinasi wisata yang ada di jalur mudik, terutama masjid-masjid yang memiliki keunikan.

Kemudian, menawarkan diversifikasi produk wisata, serta meningkatkan peringkat Indonesia di Global Muslim Travel Index, di mana saat ini Indonesia berada di peringkat kedua.

Peluncuran e-booklet itu dinilai sangat tepat bagi para pemudik untuk memilih masjid yang ingin disinggahi dalam perjalanan mudik.

Wisata religi di masjid jalur mudik itu juga dapat dinikmati oleh wisatawan nonmuslim serta dalam e-booklet tersebut juga diinformasikan soal destinasi wisata terdekat dari masjid tersebut. Ada delapan subtema dari wisata jelajah masjid ini.

Advertisement

Adapun konten utama dari e-booklet ini merangkum 27 masjid dengan potensi wisata yang telah diseleksi melalui proses self assessment.

Ke depannya, e-Booklet ini akan dikembangkan lebih lanjut menjadi e-catalogue yang merangkum 230 masjid di Indonesia. Selain dicetak dalam bentuk buku, panduan e-Booklet Jelajah Masjid ini dapat diunduh di situs resmi Kemenparekraf  www.indonesia.travel.

Pemilihan 27 masjid tersebut setelah diseleksi dari 340 potensi masjid yang ada di jalur mudik Jawa dan luar Jawa. Maka, dari situ disimpulkan 27 masjid yang bersinggungan dengan data dari Kementerian Perhubungan untuk jalur mudik di empat titik.

Berikut daftar masjid yang terbaik yang berada di jalur mudik. Destinasi ini juga berdekatan dengan destinasi wisata pendukung.

Jalur Trans-Sumatera:

Masjid Baitus Shobur Lampung

Masjid Al-Hakim Padang

Advertisement

Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Agung Madani Islamic Centre

Masjid Raya Baiturrahman

Jalur Pantura:

Masjid Pantura

Masjid Cut Meutia

Masjid Agung Jawa Tengah

Advertisement

Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah

Masjid Agung Demak

Masjid Al-Aqsha Menara Kudus

Masjid Al-Akbar

Masjid Sunan Ampel

Masjid Jamik Sumenep

Jalur Pansela:

Advertisement

Masjid Agung Kesultanan Banten

Masjid Raya Al A’zhom

Masjid Raya Al-Jabbar

Masjid Pathok Negara Mlangi

Masjid Jogokariyan

Masjid Agung Jami’ Malang

Jalur Tol Trans-Jawa:

Advertisement

Masjid At-Taqwa

Masjid Agung Nurul Kalam Pemalang

Masjid Klenteng Krajan Dukuh Salatiga

Masjid Raya Sheikh Zayed

Masjid Agung Kraton Surakarta

Masjid Agung Sidoarjo

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif