News
Sabtu, 23 Maret 2024 - 11:53 WIB

Daftar Kerusakan akibat Gempa Bumi Beruntun di Tuban

Feni Freycinetia Fitriani  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu kerusakan bangunan di Surabaya akibat gempa Magnitudo 6.5. (ANTARA/Ananto)

Solopos.com, JAKARTA — Gempa bumi yang terjadi dan berpusat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur pada hari Jumat (23/3/2024), menyebabkan ratusan rumah rusak dan 143 kepala keluarga terdampak.

Berdasarkan laporan yang dirangkum oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB hingga Sabtu (23/3/2024) pukul 00.20 WIB, rincian kepala keluarga terdampak ialah Kabupaten Tuban 10 kepala keluarga, Kabupaten Gresik 130 kepala keluarga, Kabupaten Pamekasan satu kepala keluarga dan Kota Surabaya dua kepala keluarga.

Advertisement

“Gempa Tuban mengakibatkan sejumlah infrastruktur alami kerusakan bervariasi, di Kabupaten Tuban tercatat empat unit rumah rusak berat, empat unit rumah rusak sedang dan dua unit rumah rusak ringan,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan resmi, Sabtu (23/3/2024), dilansir Bisnis.com.

Selain itu, dia mengatakan terdapat satu balai desa alami kerusakan cukup parah dan satu fasilitas ibadah alami rusak ringan, serta satu kandang milik warga roboh akibat guncangan gempa.

Advertisement

Selain itu, dia mengatakan terdapat satu balai desa alami kerusakan cukup parah dan satu fasilitas ibadah alami rusak ringan, serta satu kandang milik warga roboh akibat guncangan gempa.

Selanjutnya, di Kabupaten Gresik terdapat 19 unit rumah alami rusak berat, 61 unit rumah rusak sedang dan 50 unit rumah alami rusak ringan.

Sejumlah fasilitas umum juga alami kerusakan seperi dua fasilitas pendidikan rusak ringan, satu fasilitas pendidikan rusak sedang, dua masjid rusak berat, satu musala rusak sedang, satu masjid rusak ringan, satu kantor desa dan satu gedung perkantoran rusak ringan, serta RSUD Umas Mas’ud Sangkapura mengalami kerusakan ringan.

Advertisement

“RSUD Soetrasno di Kabupaten Rembang turut terdampak yang sebabkan pasien dievakuasi keluar gedung,” jelasnya.

BPBD setempat hingga kini masih terus melakukan penanganan darurat bencana, antara lain melakukan pendataan dan monitoring di sejumlah lokasi, kemudian mendirikan tenda pengungsian di halaman RS Unair Surabaya.

Selanjutnya, BPBD mengirimkan personil menuju pusat gempa di Pulau Bawean dengan menggunakan kapal dengan membawa kendaraan roda dua, tenda pengungsi, terpal plastik, makanan siap saji guna melakukan penanganan lebih lanjut di wilayah tersebut.

Advertisement

Gempa bumi bermagnitudo 6,5 skala richter mengguncang Tuban, Jawa Timur pada Jumat (22/3/2024) sore. Getaran gempa sempat dirasakan hingga ke Jakarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat setidaknya terjadi 3 kali gempa bumi bermagnitudo di atas M 5 yang berlokasi di sekitar timur laut Tuban.

Gempa pertama terjadi pada pukul 11.22 WIB. Gempa diketahui berlokasi di 132 kilometer (Km) timur laut, Tuban dengan magnitudo 6 SR.

Advertisement

Gempa susulan pun kembali terjadi berselang 1 jam dari gempa pertama. Gempa susulan berkekuatan 5,3 SR yang berlokasi 1 km dari titik gempa bumi pertama.

Magnitudo terbesar dari gempa Tuban justru tercatat pada gempa susulan terakhir yang terjadi pada pukul 15.52 WIB. Gempa bumi ini berkekuatan 6,5 SR dan dengan kedalaman 10 km.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Foto-foto Ratusan Rumah Luluh Lantak Akibat Gempa Tuban”

Advertisement
Kata Kunci : BMKG Gempa Gempa Jawa Timur
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif