News
Minggu, 10 Mei 2020 - 03:09 WIB

Daftar Gaji Polisi, dari Tamtama sampai Jenderal

Danang Nur Ihsan  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Unit satwa Polda Jateng menunggang kuda saat Sosialisasi Penerimaan Anggota Polri di Kota Semarang, Jateng, Minggu (18/3/2018). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Solopos.com, SOLO -- Menjadi anggota Polri merupakan idaman bagi sebagian orang. Banyak faktor yang menjadi latar belakang seseorang berminat menjadi polisi. Lantas kira-kira berapa gaji polisi di Indonesia?

Bila melihat data terakhir pada 2019, gaji polisi naik. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 17/2019 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Republik Indonesia. Selain gaji, anggota Polri juga mendapatkan beberapa tunjangan seperti tunjangan kinerja.

Advertisement

Kronologi Terduga Maling Ayam di Nusukan Solo Ditangkap Setelah Dikeroyok Warga

Berikut perincian gaji polisi dari golongan I (tamtama) sampai golongan IV (jenderal).

Tamtama

Bintara

Perwira Pertama

Perwira Menengah

Perwira Tinggi

Selain gaji, polisi juga menerima tunjangan yang nilainya berbeda-beda. Misalnya tunjangan kinerja yang disesuaikan dengan kelas jabatan. Hal ini diatur dalam Perpres 103/2018.

Advertisement

Tak Dapat Fasilitas Listrik Gratis atau Diskon 50 Persen? Pelanggan Bersubsidi Bisa Lakukan Cara ini

Contohnya kapolri akan menerima tunjangan kinerja 150% dari tunjangan kinerja kelas jabatan 17. Di kelas jabatan 17, tunjangan kinerja mencapai Rp29,085 juta. Artinya tunjangan kinerja kapolri senilai Rp43,62 juta per bulan.

Wakapolri akan menerima tunjangan kinerja senilai Rp34,9 juta. Tunjangan kinerja paling kecil yaitu di kelas jabatan 1 yaitu senilai Rp1,96 juta per bulan.

Advertisement

Ditangkap Terkait Narkoba, Roy Kiyoshi Beli Pil Psikotropika Secara Online

Ada juga tunjangan uang lauk pauk yaitu Rp60.000/hari. Nilai uang lauk pauk untuk Polri ini sama dengan yang diterima anggota TNI. Selain gaji dan beberapa tunjangan itu, ada beberapa tunjangan lainnya yang diterima polisi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif