News
Rabu, 18 September 2013 - 11:25 WIB

Citilink Solo-Balikpapan Segera Diganti, Trigana Lirik Solo-Pontianak

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Awak Trigana Air bersiap melayani penumpang di Bandara Adi Soemarmo (Sunaryo Haryo Bayu /JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Manajemen PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo terus berupaya menarik maskapai baru untuk membuka rute penerbangan ke Solo. Rute yang dibidik juga tidak hanya tujuan Jakarta. Melainkan untuk wilayah lain. Dalam waktu dekat, rencananya dua maskapai akan masuk ke Solo membuka rute Solo-Balikpapan dan Solo-Pontianak.

Rute Solo-Pontianak, dipastikan diisi maskapai penerbangan Trigana Air. Direktur Komersial Trigana Air Service Daniel Kurniawan menyampaikan Trigana Air sudah merancang rute baru dari Solo, Solo-Pontianak.

Advertisement

Sama-sama ke Pulau Kalimantan, rute pertama yang dibuka dari Solo selama lebih dari satu tahun yaitu Solo-Banjarmasin-Balikpapan-Berau akan tetap berjalan setiap hari. Rute Solo-Pangkalan Bun juga tetap jalan. “Paling lambat bulan depan Solo-Pontianak bisa terealisasi,” kata Daniel, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (17/9/2013).

Dia menyebutkan, Solo dan Pontianak dipilih karena adanya pertimbangan kemudahan operasional mengingat Trigana Air punya kantor cabang di dua kota tersebut. Dia juga menyebutkan potensi pasar juga cukup besar. “Yang jelas potensi pasar dua kota itu cukup besar. khususnya sektor perdagangan,” jelas Daniel.

Dulu, lanjut Daniel, setelah membuka Solo-Banjarmasin-Balikpapan-Berau, Trigana Air pernah berencana membuka rute Solo-Makassar. Tetapi, jelas dia, rute tersebut belum bisa direalisasikan. “Ya, itu memang belum bisa. Ini kami fokus Pontianak dulu lah.”

Advertisement

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usman, membenarkan adanya rencana dua maskapai yang akan membuka rute penerbangan Solo ke arah Kalimantan. “Selain Solo-Pontianak, juga akan ada maskapai yang akan menggantikan rute Citilink, Solo-Balikpapan. Tapi saya belum bisa menyebutkan apa maskapainya,” kata Usman, belum lama ini.

Yang jelas, kata dia, saat ini pihaknya tengah melakukan komunikasi intensif dengan pihak maskapai dan berharap rencana penerbangan bisa terealisasi sebelum akhir tahun.

Penerbangan Solo-Pontianak oleh Trigana Air, jelas Usman, rencananya akan dibuka pada tanggal 23 Septemberi, dengan jadwal terbang dari Solo pukul 12.00 WIB setiap hari. “Pesawat yang digunakan jenis Boeing 737.” Usman melanjutkan, selama ini penerbangan Trigana Air dari Solo menunjukkan pencapaian yang cukup bagus. Dari dua penerbangan yang telah dibuka, rata-rata load factor bisa mencapai 90%.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif