News
Kamis, 15 Agustus 2013 - 02:13 WIB

CITILINK Jajaki Rute Internasional, Jakarta-Singapura Dibidik Pertama

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Direktur Utama Citilink Arif Wibowo (kanan) bersama dengan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (tengah) seusai menandatangani nota kerja sama di Jakarta, Selasa (13/8/2013). Anak perusahaan PT. Garuda Indonesia tersebut bekerja sama dengan PMI untuk melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan di bidang transportasi dan penggalangan dana. (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Maskapai penerbangan pelat merah Citilink Indonesia berencana membuka rute internasional Jakarta-Singapura seiring dengan penambahan pesawat terbang yang dilakukan anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia Tbk itu.

CEO Citilink Indonesia Arif Wibowo mengatakan potensi pasar rute internasional tersebut cukup menjanjikan mengingat pergerakan penumpang dari dan menuju Singapura cukup besar dengan pertumbuhan 15% tiap tahunnya. “Kami targetkan [pembukaan rute Jakarta-Singapura] bisa terealisasi pada awal kuartal IV 2013. Dari sisi armada, kami menyiapkan dua unit pesawat baru jenis Airbus A320-200,” ujarnya di sela-sela penandatanganan MoU penerbangan kemanusiaan bersama PMI, Selasa (13/8/2013).

Advertisement

Dia menambahkan penjajakan pembukaan rute internasional tidak terbatas pada Singapura, namun juga pada sejumlah kota tujuan lain di kawasan Asia Tenggara yang dianggap potensial seperti Kuala Lumpur di Malaysia, dan Bangkok di Thailand. Menurutnya, skema yang ditawarkan masih tetap sama dengan pelayanan rute domestik yang mengusung penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC) untuk cakupan pasar regional Asean.

Hingga saat ini, Citilink Indonesia telah mengoperasikan 22 unit peswat terbang A320 yang melayani penerbangan ke 19 kota tujuan dengan 21 rute dengan frekuensi 130 penerbangan per hari. Tetapi, sejauh ini, anak perusahaan Garuda Indonesia itu hanya melayani penerbangan di dalam negeri.

Aristo Kristandyo, VP Marketing & Communications Citilink Indonesia, mengemukakan pembukaan layanan rute internasional diperkirakan mampu lebih mendukung pertumbuhan pelayanan kepada 11 juta penumpang hingga akhir tahun depan. Menurut Aristo, dalam dua tahun terakhir jumlah penumpang domestik Citilink terus menunjukkan grafik peningkatan yang cukup signifikan. Pada 2011 silam jumlah penumpang yang terlayani mencapai 1,7 juta orang, kemudian pada 2012 telah mencapai 3 juta orang, dan diproyeksi pada tahun ini bakal menembus angka 7,8 juta orang.

Advertisement

“Sehingga jika rute-rute internasional sudah terealisasi serta penambahan rute-rute domestik, tentunya akan lebih mempermudah pencapaian target 11 juta penumpang hingga akhir tahun depan,” papar Aristo.

Arif Wibowo menambahkan, untuk mendukung sejumlah ekspansi rute penerbangan tersebut, Citilink siap mendatangkan dua unit pesawat jenid A320 hingga akhir tahun ini, dan bakal kembali mendatangkan 10 unit A320 pada tahun depan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif