News
Minggu, 11 Desember 2022 - 21:07 WIB

Cerita Awal Mula Idris Sardi Mendapat Pangkat Letkol Tituler TNI AD

Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Idris Sardi (Istimewa/Wikipedia/CC-BY-SA REPRODUCTION/Chris Woodrich)

Solopos.com, JAKARTA — Ayah aktor Lukman Sardi, M. Idris Sardi banyak disebut setelah mentalis yang kini aktif sebagai Youtuber, Deddy Corbuzier, mendapatkan pangkat Letnan Kolonel (Letkol) Tituler TNI AD dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Jumat (9/12/2022) lalu.

Mendiang Idris Sardi yang dikenal sebagai begawan musik Indonesia banyak disebut karena dialah orang sipil yang juga memperoleh gelar Letkol Tituler sebelum Deddy Corbuzier.

Advertisement

Tentang pemberian pangkat Letkol Tituler Idris Sardi diungkap oleh pengamat militer, Selamat Ginting, di kanal Youtube Hersubeno Point, Sabtu (10/12/2022).

Menurut Selamat Ginting, dirinya pernah mewancarai Idris Sardi setelah maestro biola tersebut mendapatkan pangkat Letkol Tituler pada 1996 silam.

Advertisement

Menurut Selamat Ginting, dirinya pernah mewancarai Idris Sardi setelah maestro biola tersebut mendapatkan pangkat Letkol Tituler pada 1996 silam.

Baca Juga: Sukses di TNI AD, Letkol Tituler Idris Sardi juga Cetak Rekor di FFI

“Idris Sardi diberi pangkat Letkol CAJ Tituler dalam kapasitas begawan musik. Dia punya kemampuan luar biasa dan diberikan tempat di Satuan Musik Militer Direktorat Ajudan Jenderal Angkatan Darat. Saya pernah mewawancarai beliau saat mendapatkan pangkat kehormatan itu,” kata Selamat Ginting yang kini menjadi dosen komunikasi politik dan militer di Universitas Nasional (Unas), seperti dikutip Solopos.com, Minggu (11/12/2022).

Advertisement

Baca Juga: Profil Idris Sardi, Penerima Letkol Tituler TNI AD sebelum Deddy Corbuzier

Diceritakan dia, pemberian pangkat khusus tersebut bermula ketika KSAD Jenderal Wismoyo Arismunandar berdiskusi dengan Idris Sardi mengenai musik di TNI AD.

“Ketika itu Wismoyo menanyakan bagaimana musik AD. Dijawab Idris Sardi ‘ini parah sekali, di telinga saya ga masuk’. Kemudian terpikirlah oleh Wismoyo tapi baru terealisasi di era KSAD Jenderal R. Hartono,” ujar Selamat Ginting.

Advertisement

Baca Juga: Berpangkat Letkol Tituler, Deddy Corbuzier Tak Sebebas Warga Sipil Lagi

Menurut Selamat Ginting, kapasitas Idris Sardi memang memenuhi kualifikasi pangkat yang diberikan kepadanya.

Idris Sardi belakangan terbukti mampu memimpin satuan musik di TNI AD.

Advertisement

Berbagai mars musik di TNI yang kini didengarkan publik adalah hasil karya dari begawan musik tersebut.

Baca Juga: Bingung Alasannya, Pengamat Militer Kritik Letkol Tituler Deddy Corbuzier

“Dan hasil karyanya luar biasa. Dia membuat sejumlah mars satuan termasuk Kopassus. Jadi kalau kita lihat sekarang satuan musik militer AD hampir di perhelatan internasional pasti mereka tampil dan itu buah karya Idris Sardi,” ujar pengamat militer yang memulai karier sebagai wartawan ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif