News
Selasa, 25 Juli 2023 - 08:19 WIB

Cegah Tawuran, Kapolres hingga Kapolsek Datangi Sekolah-sekolah di Jepara

Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan bertindak selaku Inspektur Upacara pada upacara bendera di SMP Negeri 6 Jepara, Senin (24/7/2023). (Istimewa/Polres Jepara)

Solopos.com, JEPARA — Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Jepara secara serentak melaksanakan kegiatan Police Go to School ke sejumlah sekolah, Senin (24/07/2023).

Kegiatan tersebut untuk memberikan penyuluhan kepada para siswa agar terhindar dari perilaku melanggar hukum, termasuk maraknya tawuran pelajar di sejumlah tempat di Tanah Air.

Advertisement

Seluruh perwira di Polres Jepara mulai Kapolres hingga Kapolsek terlibat dalam kegiatan Police Go to School dari jenjang SD, SMP, hingga SMA/SMK di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah itu.

Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara, Ipda Basirun mengatakan, kegiatan tersebut sebagai salah upaya penting meningkatkan edukasi untuk mencegah kenakalan remaja.

Advertisement

Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara, Ipda Basirun mengatakan, kegiatan tersebut sebagai salah upaya penting meningkatkan edukasi untuk mencegah kenakalan remaja.

Dengan penyuluhan rutin diharapkan pelajar menjadi paham tentang hukum sehingga tidak terlibat tindak pidana apapun, termasuk tawuran pelajar.

Ia menjelaskan, Police Go To School merupakan program Polri untuk memberikan kegiatan pendidikan di sekolah oleh anggota Polri melalui metode sosialisasi, ceramah, seminar, dan metode lainnya.

Advertisement

Wakapolres Jepara Kompol Berry bertindak selaku Pembina Upacara di SMK Negeri 2 Jepara, Kabag Ops Polres Jepara Kompol Sutono di SMK Negeri 3 Jepara, Kabag Ren Polres Jepara Kompol Sunar bertugas di SMK Bhakti Praja.

“Kabag SDM Polres Jepara Kompol Karman bertindak sebagai Inspektur Upacara di SMA PGRI Jepara dan Kabag Log Polres Jepara Kompol Suroyoto di MA AL MA’ARIF Jepara,” katanya, seperti dikutip Solopos.com dari rilisnya, Selasa (25/7/2023).

Sementara itu, para kepala satuan jajaran Polres Jepara yang terdiri atas Kasatreskrim, Kasatresnarkoba, Kasatbinmas, Kasatsamapta, Kasatlantas dan Kasatpolairud bertindak sebagai Inspektur Upacara di SMPN 1 Jepara, SMPN 2 Jepara, SMPN 3 Jepara, SMPN 4 Jepara, SMPN 5 Jepara hingga SMKN 1 Jepara.

Advertisement

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dalam sambutannya memperkenalkan diri dan riwayat singkat serta motivasi, kepada ratusan siswa-siswi SMP Negeri 6 Jepara.

Mantan Kapolres Sukoharjo itu mengimbau para siswa menghindari penyalahgunaan miras, merokok hingga narkoba sebagai alat manipulatif.

“Ini merupakan program Polres Jepara, kami mendatangi sekolah memberikan pemahaman sebagai langkah pencegahan kenakalan remaja,” jelas Kapolres Jepara.

Advertisement

Selain itu, Kapolres juga mengingatkan tentang kedisiplinan peraturan lalu lintas.

Menurut perwira menengah Polri itu, siswa sebagai generasi penerus bangsa harus mempersiapkan diri meraih masa depan.

Salah satu pendukungnya adalah disiplin terhadap peraturan, khususnya peraturan lalu lintas dengan memakai helm, kelengkapan kendaraan mulai dari SIM, STNK, dan perlengkapan kendaraan yang sesuai standar.

“Hal ini sebagai upaya untuk tidak berurusan dengan pihak kepolisian yang sedang gencar melaksanakan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD), dengan disiplin berlalu lintas akan meminimalisir terjadinya fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas,” tegasnya.

AKBP Wahyu mengimbau para siswa mengisi waktu dengan hal-hal positif agar terhindar dari pergaulan negatif yang merugikan masa depan, merugikan diri sendiri, orangtua, dan keluarga.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif