News
Kamis, 5 Januari 2017 - 05:00 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini 5 Januari

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Universitas Brawijaya (ulp.ub.ac.id)

Inilah catatan peristiwa dunia 5 Januari.

Solopos.com, SOLO – Hari ini 5 Januari terjadi beragam peristiwa di berbagai belahan dunia. Solopos.com merangkum catatan peristiwa hari ini, 5 Januari dihimpun dari Wikipedia, Brainyhistory, dan Thepeoplehistory:

Advertisement

Albert Manoempak Sipahoetar (Wikipedia)

1896

Seorang ahli fisika asal Jerman, Wilhelm Conrad Rontgen menemukan alat radiasi sina X yang disebut dengan nama dirinya, rontgen. Penemuan alat tersebut membuat ia menjadi fisikawan Jerman pertama yang meraih penghargaan nobel. Alat temuannya itu menandai dimulainya revolusi kedokteran modern.

Advertisement

1945

Pemrintah Uni Soviet mengakui pemerintahan baru Polandia yang pro terhadap negaranya. Polandia merupakan negara republik di Eropa Tengah yang berbastasan dengan Rusia di sebelah selatan. Pada masa itu, Uni Soviet merupakan negara yang memiliki pengaruh besar di dunia.

1948

Albert Manoempak Sipahoetar, seorang jurnalis Indonesia dan salah satu tokohpendiri klantor berita nasional Antara meninggal dalam usia 33 tahun. Pria kelahiran Tarutung, Tapanuli Utara itu telah menjadi pemimpin dua surat kabar, yakni Sinar Marhaen dan Zaman Kita pada usia 20 tahun.

Advertisement

1963

Universitas Brawijaya yang biasa disebur Unbra atau Unibraw merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri di Indonesia yang didirikan di Kota Malang lewat SK Menteri PTIP No. 1 tahun 1963. Unibraw memiliki kampus pusat di Malang dan beberapa kampus cabang di Kediri, Kasembon, Jakarta, dan Probolinggo. Kampus ini mendapat akreditasi A dari hasil penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

1972

Pesiden Amerika Serikat Richard Mihous Nixon mengumumkan program pesawat ulang alik ruang angkasa (Space Shuttle) yang digarap oleh National Aeronatics and Space Administration (NASA). Saat itu, ia bersama sekretaris jendral (Sekjen) Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), U Thant menandatangani plakat khusus yang rencananya akan ditempatkan di permukaan bulan.

Advertisement

1973

Tanggal 5 Januari 1973 merupakan hari lehirnya Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Partai politik tersebut dideklarasikan atas hasil.musyawarah empay partai keagamaan, yaklni Partai Nahdlatul Ulama, Partai Serikat Islam Indonesia, Persatuan Tarbiyah Isalamiyah, dan Parmusi. Penggabungan keempat partai itu bertujuan untuk menyederhanakan sistem kepartaian di Indonesia menjelang pemilihan umum pertama pada masa Orde Baru.

2009

Pada 5 Januari 2009 tercatat serangan tentara Israel terhadap pasukan Hamas memasuki hari ke-10. Serangan tentara Israel itu membuat ribuan orang tewas menjadi korban. Serangan tentara israel itu merupakan serangan balik terhadap aksi pasukan Hamas yang menggempur Israel dengan roket.

Advertisement

2010

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengupayakan penutupan penjara militer di Teluk Guantanamo, Kuba. Penjara ini dipakai untuk menahan sejumlah tokoh yang oleh pemerintah Amerika Serikat dianggap sebagai anggota dari Al-Qaeda dan Taliban.

2012

Sebuah bendungan di dekat Campos de Goytacazes, Brazil ambrol yang membuat ribuan warga mengungsi. Ambrolnya bendungan itu menyebabkan banjir dan tanah longsor menimpa rumah warga.

2013

Dahlan Iskan, mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada masa pemerintaran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengalami kecelakaan di wilayah Magetan saat melakukan uji coba mobil listrik Tucuxi. Tucuxi merupakan mobil listrik produksi Indonesia yang masih dalam tahap purwarupa. Mobil tersebut di desain oleh Danet Suryatama, alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (UTS) Surabaya dan University of Michingan, Amerika Serikat. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif