News
Rabu, 4 Januari 2017 - 17:10 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini 4 Januari

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Martha Christina Tiahahu (Youtube)

Catatan peristiwa pada 4 Januari dari berbagai penjuru dunia.

Solopos.com, SOLO – Pada 4 Januari terjadi beragam peristiwa di berbagai belahan dunia. Berikut rangkuman Solopos.com mengenai catatan peristiwa hari ini, 4 Januari yang dihimpun dari Wikipedia, Brainyhistory, dan Thepeoplehistory:

Advertisement

1493
Christopher Colombus meninggalkan Benua Amerika dan mengakhiri pelayaran pertamanya. Colombus merupakan seorang pedagang sekaligus penjelajah asal Georgia, Italia yang menyeberangi Samudra Arlantik sampai ke Benua Amerika pada 1942. Perjalanan itu didanai oleh Ratu Isabella dari Spanyol.

1643

Advertisement

1643

4 Januari 1643 merupakan tanggal lahir seorang ahli fisika ternama, Sir Isaac Newton. Ia merupakan seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah perkembangan sains dunia. Salah satu karyanya yang paling fenomenal adalah Philosophiae Naturalis Principia Mathematica. Dalam buku tersebut, ia menjabarkan hukum gravitasi dan tiga hukum gerak yang mendominasi pandangan ilmuwan sains mengenai alam semesta.

1800
Marta Christina Tiahahu, salah seorang wanita pahlawan Indonesia lahir di Maluku. Ia tercatat sebagai pejuang kemerdekaan yang gagah berani. Ia bahkan sempat ikut membantu Pattimura berperang melawan Belanda tahun 1817.

Advertisement

1946
Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno beserta rombongan staf kenegaraan tiba di Yogyakarta. Kedatangan mereka bertujuan untuk meresmikan perpindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Yogyakarta. Perpindahan itu terjadi lantaran situasi di Jakarta dirasa tidak aman lantaran telah diduduki oleh pemerintah Belanda.

1948
Myanmar merdeka dari Inggris pada 3 Januari 1948. Selama dijajah, Myanmar dibagi dalam dua kawasan, yakni dataran rendah dan dataran tinggi. Masing-masing kawasan memiliki sistem pemerintahan yang berbeda. Pemerintah Inggris cenderung lebih mementingkan masyarakat yang tinggal di dataran rendah. Sementara mereka yang tinggal di dataran tinggi cenderung diabaikan. Hal itu membuat penduduk dataran tinggi melakukan pemberontakan.

1954
Elvis Presley, penyanyi legendaris asal Amerika Serikat melakukan rekaman pertamanya di studio Sun Records, Nashville.

Advertisement

1959
pesawat luar angkasa Luna 1 buatan Rusia merupakan pesawat luar angkasa pertama yang berhasil mendekati bulan. Pesawat itu awalnya sengaja dibuat untuk menabrak bulan. Sayangnya, rencana itu gagal.

1974
Richard Nixon menerima surat perintah dari pengadilan untuk menunjukkan kaset berisi rekaman bukti tentang pembobolan Markas Democratic National Headquarters yang terletak di kompleks Watergate.

2013
Seorang pria bersenjata melakukan serangan ke Kota Kawit, Filipina yang menyebabkan tujuh orang tewas dan enam orang terluka. Polisi menduga serangan itu dilakukan untuk membalaskan dendam kepada seorang pria lain yang telah ditembak mati oleh polisi. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif