News
Jumat, 13 Januari 2017 - 05:00 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini 13 Januari

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mobil plastik buatan Henry Ford (Herbmuseum.ca)

Inilah catatan peristiwa dunia hari ini 13 Januari.

Solopos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa di berbagai belahan dunia pada 13 Januari. Berikut beberapa peristiwa dunia pada 13 Januari yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory, Thepeoplehistory, dan Wikipedia:

Advertisement

1610
Galileo Galilei, seorang astronom, filsuf, dan fisikawan Italia menemukan Calisto, satelit planet Yupiter keempat. Calisto merupakan satelit terbesar ketiga di Tata Surya. Satelit tersebut terdiri dari batu dan es. Permukaan Calisto dipenihi oleh kawah tubrukan yang sangat tua. Calisto dikelilingi oleh atmosfer tipis yang terdiri dari karbon dioksida, oksigen molekuler, dan ionosfer. Satelit tersebut diduga terbentuk melalui proses akresi cakram gas dan debu yang mengelilingi planet.

1915
Lebih dari 100 tahun lalu terjadi gempa bumi yang sangat kuat di Avezzano, Italia. Gempa dahsyat itu menewaskan ribuan orang dan membuat hampir seluruh bangunan di Avezzano hancur. Getaran gempa turut dirasakan oleh warga kota Roma. Gempa ini disebut sebagai salah satu gempa terdahsyat yang mengguncang Italia.

Advertisement

1915
Lebih dari 100 tahun lalu terjadi gempa bumi yang sangat kuat di Avezzano, Italia. Gempa dahsyat itu menewaskan ribuan orang dan membuat hampir seluruh bangunan di Avezzano hancur. Getaran gempa turut dirasakan oleh warga kota Roma. Gempa ini disebut sebagai salah satu gempa terdahsyat yang mengguncang Italia.

1922
Pemerintah Jepang menyatakan permintaan maaf kepada pemimpin Korea Utara dan Korea Selatan atas terjadinya perbudakan wanita. Permasalan tersebut bermula ketika sejumlah wanita Korea dipaksa menjadi budak seksual tentara Jepang selama Perang Dunia II.

1942
Henry Ford, seorang pendiri perusahaan mobil asal Amerika Serikat, Ford Motor Company, mematenkan mobil plastik buatannya. Mobil plastik tersebut memiliki bobot yang lebih ringan dari mobil biasa. Plastik yang dipakai untuk membuat mobil tersebut diperoleh dari hasil olahan tanaman kedelai.

Advertisement

1977
Orlando Jonathan Blanchard Bloom atau yang dikenal dengan Orlando Bloom, seorang aktor asal Inggris yang lahir pada 13 Januari 1977 di Canterbury, Kent mulai dikenal publik sejak awal tahun 2000 setelah ia memerankan Logolas di trilogi film The Lord of The Rings. Aktingnya di film tersebut membuat namanya kian terkenal di dunia perfilman. Ia bahkan telah beberapa kali didapuk menjadi tokoh utama di beberapa film Hollywood seperti, Troy, Wlizabethtown, dan Kingdom of Heaven. Belakangan ini, ia disebut-sebut menjalin hubungan cinta dengan penyanyi top, Katy Perry.

1985
Sebuah kereta api yang mengangkut sekitar 500 penumpang menabrak tebing di kawasan Ethiophia. Insiden tersebut terjadi karena roda kereta tergelincir yang menyebabkan lima gerbong anjlok dari rel. Parahnya, kereta yang melaju kencang itu juga mengalami rem blong, sehingga menabrak tebing dan jatuh terperosok ke jurang.

2006
Presiden Iran, Ahmadinejad mengungkapkan rencana melanjutkan program nuklir di Teheran. Ia kemudian mewujudkan rencananya itu dengan membuka kembali fasilitas penelitian nuklir di kota Isfahan dan Natanz. Awalnya, kedua pusat penelitian tersebut ditutup karena adanya ancaman sanksi dari Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Advertisement

2009
Pasukan militer Israel melanjutkan serangan dengan membombardir kawasan Gaza, Palestina. Serangan itu membuat lebih dari 1.000 nyawa melayang. Kendati demikian, pasukan militer Israel terus menggempur kawasan Gaza dan berperang dengan sekelompok pasukan Palestina. Serangan itu dilakukan sebagai balasan atas serangan roket dan mortir yang memorakporandakan sejumlah kota di Israel.

2012
Kapal pesiar Costa Concordia karam di perairan dangkal dekat Isola del Giglio, Italia. Insiden tersebut membuat 4.000 orang dievakuasi dan 25 orang tewas.  Kabarnya, kapal tersebut karam setelah menabrak karang. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif