News
Minggu, 12 Maret 2023 - 14:46 WIB

Catat! Bakal Ada Hari Tanpa Bayangan, Matahari Tepat di Atas Garis Khatulistiwa

Ponco Suseno  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tanpa Bayangan (Antara)

Solopos.com, JAKARTAMatahari diperkirakan akan berada di atas garis khatulistiwa, Selasa (21/3/2023). Hal itu mengakibatkan sejumlah daerah di garis khatulistiwa akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan saat tengah hari.

Dilansir dari akun Twitter @officialmosti, Minggu (12/3/2023) disebutkan masa siang dan malam sama panjang saat, Selasa (21/3/2023). Sepanjangwaktu itu, matahari akan betul-betul berada di atas garis khatulistiwa.

Advertisement

Kondisi matahari berada di atas garis khatulistiwa pada sepanjang hari tersebut dikenali sebagai peristiwa ekuinoks. Ketika itu, seluruh dunia akan mengalami masa siang dan malam yang sama panjang yaitu, 12 jam saat siang dan 12 jam saat malam.

Di berbagai daerah yang betul-betul berada di atas garisan khatulistiwa, seperti di Pontianak (Indonesia) dan Quito (Ibu Kota Ekuador) akan berlaku waktu tengah hari tanpa bayangan.

Peristiwa tengah hari tanpa bayangan juga akan terjadi di Malaysia. Hal itu seperti di Putrajaya pada 28 Maret 2023 dan Kuala Lumpur pada 29 Maret 2023.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif