News
Senin, 16 Juli 2012 - 09:56 WIB

BUS TERJUN KE SUNGAI, 38 Orang Tewas

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (detik)

Ilustrasi (detik)

KATHMANDU–Sebuah bus di Nepal yang membawa para peziarah Hindu mengalami kecelakaan dan terjatuh ke dalam sungai. Sedikitnya 38 orang tewas dalam insiden mengenaskan ini.

Advertisement

Kecelakaan terjadi, ketika bus ini tengah melaju ke wilayah Nawalparasi, sekitar 150 km dari ibukota Kathmandu, Minggu (15/7/2012) waktu setempat. Bus yang membawa total 75 penumpang yang akan berziarah ke sebuah kuil Hindu di distrik Nawalparasi ini, tergelincir dan kemudian jatuh ke dalam sungai. Sekitar 35 penumpang di antaranya berasal dari Uttar Pradesh, India.

“Kami telah menemukan 38 jasad. Lima penumpang, yang nekat melompat keluar dari bus sebelum terjatuh ke dalam sungai, kini tengah menjalani perawatan di rumah sakit setempat,” terang polisi setempat, Inspektur Deepak Raya, seperti dilansir oleh Channel News Asia, Senin (16/7/2012).

“Di antara korban tewas, terdapat seorang anak perempuan, 10 wanita dan sisanya laki-laki. Kami tidak melihat busnya — kemungkinan masih berada di dalam sungai,” imbuhnya. Diketahui bahwa Sungai Gandak yang terletak di perbatasan Nepal dan India ini tergolong sungai yang dalam.

Advertisement

Saat kejadian dilaporkan, bus ini mengangkut penumpang hingga melebihi kapasitas. Namun, penyebab kecelakaan ini masih dalam penyelidikan kepolisian setempat. “Kami masih belum bisa memastikan penyebab kecelakaan. Ketinggian air sungai sangat tinggi, terlebih hujan sedang turun saat bus ini tenggelam… setelah tergelincir di jalanan,” terangnya.

“Sebagian besar korban tewas berasal dari Maharajganj di Uttar Pradesh. Mereka datang ke sini untuk menghadiri festival keagamaan di Trivensi dan berdoa untuk Dewa Siwa, dewanya umat Hindu, pada Senin pagi,” tambah Raya.

Ditambahkan dia, tiga dari korban tewas merupakan warga Nepal. Lebih dari 100 polisi dan tentara diterjunkan menyisir Sungai Gandak untuk mencari korban tewas maupun korban selamat.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif