News
Rabu, 8 Oktober 2014 - 07:58 WIB

BURSA SAHAM : Bursa Asia: Indeks MSCI Asia Pacific Anjlok 0,5% Dipicu Prediksi Ekonomi IMF

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pialang mengamati layar pantauan harga saham di Bursa Saham Tokyo. IHSG pagi ini dibuka menguat dipengaruhi kondisi bursa Asia lain. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Solopos.com, SOLO — Bursa saham Asia, Rabu (8/10/2014) jatuh dan memperpanjang pelemahan untuk hari ketiga pekan ini. Hal ini terjadi setelah IMF memangkas prediksi pertumbuhan ekonomi global dan naiknya nilai tukar yen.

Indeks MSCI Asia Pacific 0,5% ke 138,99 pada pukul 09.01 waktu Tokyo sebelum bursa Hong Kong dan China dibuka. Kemarin, indeks acuan Asia tersebut sudah anjlok hingga 6,5% dari level tertinggi selama enam tahun pada Juli lalu.

Advertisement

Penurunan ini terjadi di tengah kekhawatiran pertumbuhan ekonomi China yang melambat dan kemungkinan The Federal Reserve meningkatkan suku bunga lebih awal. Bursa di China kembali buka hari ini dan para investor sedang melihat perkembangannya.

Dikutip Bloomberg berdasarkan data IMF, ekonomi globval akan tumbuh 3,8% tahun depan atau lebih rendah daripada perkiraan sebelumnya sebesar 4%. Tahun ini, pertumbuhan ekonomi global hanya 3,3%. Pertumbuhan ditopang oleh percepatan ekonomi AS di tengah prediksi ekonomi di Eropa, Brasil, Rusia, dan Jepang yang memburuk.

Indeks Topoix Jepang anjlok 1,3% saat yen diperdagangkan di level 108,08 per dolar AS. Indeks S&P/ASX 200 Australia juga jatuih 1,3%. Indeks Kospi Korsel turun 0,7% dan indeks NZX 50 Selandia Baru turun 0,5%.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif