News
Minggu, 8 Januari 2017 - 22:41 WIB

Buntut Latihan Bersama FPI, Dandim Lebak Dicopot

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Akun @dpp_fpi mengunggah foto latihan bela negara di Lebak, Banten. (Istagram)

Dandim Lebak dicopot menyusul kabar latihan bela negara TNI bersama FPI di Lebak, Banten.

Solopos.com, SERANG — Kodim 06/03 Lebak beberapa hari lalu jadi sorotan lantaran menggelar latihan bersama ormas Front Pembela Islam (FPI) di Lebak, Banten. Akibatnya, Komandan Daerah Militer (Dandim) 06/03 Lebak, Letkol Czi Ubaidillah, dinyatakan bersalah oleh Kodam III/Siliwangi.

Advertisement

“Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilaksanakan oleh Kodam III/Siliwangi terhadap Dandim Lebak, ditemukan kesalahan prosedur, yaitu Dandim tidak berlapor terlebih dahulu baik kepada Danrem maupun Pangdam III/Siliwangi sebelum menyelenggarakan kegiatan Bela Negara tersebut,” kata Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III Siliwangi, Letkol Arh M Desi Ariyanto, Minggu (8/1/2017).

Prosedur yang tidak dipatuhi itu berupa persetujuan hierarkis, yaitu pejabat militer tingkat bawah harus terlebih dahulu melapor kepada Danrem 064/Maulana Yusuf dan dilanjutkan ke Kodam III Siliwangi. “Pangdam III Siliwangi memutuskan untuk memberikan sanksi kepada Dandim Lebak yaitu dicopot dari jabatannya dan segera digantikan oleh pejabat yang baru,” tegasnya, dikutip Solopos.com dari Okezone.

Sebelumnya, diberitakan bahwa FPI bersama Dandim 06/03 Lebak menggelar latihan Pendahuluan Bela Negara di Kabupaten Lebak, Banten, pada Kamis (5/1/2017) lalu.

Advertisement

Akun Instagram @dpp_fpi mengunggah foto kompilasi yang menggambarkan suasana latihan tersebut. Tampak ada sejumlah orang berseragam TNI dan peserta latihan yang sebagian mengenakan atribut FPI. “TNI dan FPI menggelar PPBN (Pelatihan Pendahuluan Bela Negara) serta tanam 10.000 pohon di Lebak Banten,” tulis akun tersebut menyertai foto itu, Sabtu (7/1/2017).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif