News
Selasa, 13 Desember 2022 - 09:11 WIB

BMKG: Sebagian Wilayah Dilanda Hujan Lebat dan Petir

Newswire  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi petir. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA–Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, Selasa (13/12/2022).

Menurut BMKG, terdapat potensi hujan lebat di wilayah Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur.

Advertisement

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat.

Baca Juga: Diguyur Hujan, Simak Prakiraan Cuaca Madiun pada Selasa Ini

BMKG menjelaskan sirkulasi siklonik terpantau di Perairan Barat Sumatra Utara, di Laut Jawa, dan di Perairan Utara Papua yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Laut Natuna bagian utara hingga Selat Malaka bagian Utara, di perairan sebelah barat Aceh-Sumatra Utara, di Kalimantan Tengah hingga Laut Jawa, dan di Perairan Utara Papua.

Advertisement

Daerah konvergensi lain, juga terpantau memanjang di Papua.

Menurut BMKG, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga: Selasa Ini, Jogja Diprediksi Berawan & Hujan pada Siang Hari

Advertisement

Khusus wilayah DKI Jakarta, BMKG menginformasikan bahwa sejumlah wilayah di DKI Jakarta berpotensi diguyur hujan disertai petir pada siang dan sore hari.

BMKG mengingatkan potensi hujan yang dapat disertai petir berdurasi singkat melanda sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif