News
Kamis, 10 Januari 2013 - 13:39 WIB

BMKG: Angin Kencang Tak Munculkan Puting Beliung

Redaksi Solopos.com  /  Laila Rochmatin  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, sifat angin kencang yang saat ini bertiup di wilayah DIY berbeda dengan sifat puting beliung yang beberapa waktu lalu menerjang wilayah ini.

“Puting beliung adalah angin yang sifatnya lokal dan terjadi hanya sesaat dengan kecepatan 40 km per jam. Tetapi, angin kencang yang terjadi saat ini terjadi secara merata di wilayah DIY,” kata kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Jogja Tony Agus Wijaya, Kamis (10/1/2013).

Advertisement

BMGK menyatakan angin kencang yang melanda DIY dan sekitarnya disebbkan keberadaan badai tropis Narelle di Samudera Hindia tepatnya selatan Nusa Tenggara Timur.

BMKG memperkirakan, badai tropis tersebut akan berlangsung hingga 17 Januari dengan puncak terjadi pada Kamis dan Jumat (11/1/2013).

Selama angin kencang bertiup, lanjut Tony, awan hujan yang menaungi DIY justru hilang karena terbawa angin menuju pusat badai.

Advertisement

“Di pusat badai, justru terjadi angin kencang dengan hujan deras. Awan hujan yang ada `dicuri` oleh badai. Kecepatan angin di pusat badai juga bisa mencapai 120 km per jam,” katanya.

Meskipun demikian, Tony mengatakan, hujan masih akan mungkin terjadi di wilayah DIY terutama saat sore dan malam hari.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif