News
Sabtu, 10 Desember 2022 - 21:15 WIB

Bingung Alasannya, Pengamat Militer Kritik Letkol Tituler Deddy Corbuzier

Newswire  /  Surya Dua Artha Simanjuntak  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Deddy Corbuzier. (Instagram/@mastercorbuzier)

Solopos.com, JAKARTA — Pemberian pangkat Letnan Kolonel (Letkol) Tituler TNI AD kepada selebritas Deddy Corbuzier menuai kritikan.

Pengamat militer Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati mempertanyakan langkah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan pangkat Letkol Tituler kepada Deddy Corbuzier.

Advertisement

Menurut Nuning, panggilan Susanningtyas, pemberian jabatan Letkol Tituler sering diberikan kepada pihak yang dianggap berjasa kepada bangsa.

“Sebagian besar berasal dari TNI-Polri atau pemangku kebijakan misalnya menteri atau anggota kerajaan di Tanah Air,” ujar Nuning kepada Bisnis, Sabtu (10/12/2022).

Advertisement

“Sebagian besar berasal dari TNI-Polri atau pemangku kebijakan misalnya menteri atau anggota kerajaan di Tanah Air,” ujar Nuning kepada Bisnis, Sabtu (10/12/2022).

Baca Juga: Berpangkat Letkol Tituler, Deddy Corbuzier Kehilangan Hak Suara di Pemilu

Oleh sebab itu, dia bingung gelar Letkol Kolonel yang diberikan kepada Deddy Corbuzier sebab berasal dari kalangan selebritas.

Advertisement

Dia menyarankan pihak Kementerian Pertahanan ataupun Mabes TNI menjelaskan alasan sebenarnya pemberian gelar kepada Deddy Corbuzier.

Baca Juga: Ini Alasan Utama Pemberian Pangkat Letkol Tituler untuk Deddy Corbuzier

“[Alasannya] dikaitkan dengan dharma baktinya kepada bangsa negara, sehingga masyarakat dapat menerima dan memahaminya,” ungkap Nuning.

Advertisement

Jagoan Media Sosial

Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan pemberian pangkat untuk Deddy Corbuzier karena sang Youtuber punya pengaruh kuat di media sosial.

Sebagai Youtuber dengan follower hampir 20 juta, Deddy memiliki pengaruh yang sangat kuat di masyarakat.

Selain di Youtube, Deddy juga aktif di sejumlah media sosial lainnya dengan pengikut yang juga banyak.

Advertisement

Baca Juga: Wow! Mentalis Deddy Corbuzier Kini Berpangkat Letkol Tituler TNI AD

“Deddy diberikan kepangkatan itu dengan pertimbangan kemampuan khusus yang dibutuhkan TNI, yakni kapasitas komunikasi di sosial media. Kemampuan, dan performance DC (Deddy Corbuzier) tersebut akan membantu TNI untuk menyebarkan pesan-pesan kebangsaan dan sosialisasi tugas-tugas TNI dalam rangka menjaga pertahanan RI,” kata Dahnil seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Pangkat Letkol Tituler yang Diterima Deddy Corbuzier Tuai Kritik”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif