News
Sabtu, 10 Desember 2022 - 20:25 WIB

Berpangkat Letkol Tituler, Deddy Corbuzier Kehilangan Hak Suara di Pemilu

Abu Nadzib  /  Newswire  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Letkol Tituler Deddy Corbuzier di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Jumat (10/12/2022). (IG @mastercorbuzier)

Solopos.com, JAKARTA — Pesohor Deddy Corbuzier bangga menyandang pangkat Letnan Kolonel (Letkol) Tituler TNI AD yang diberikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di kantornya, Jumat (10/12/2022) kemarin.

Namun di balik rasa bangganya itu, Deddy Corbuzier harus rela kehilangan hak suaranya dalam pemilihan umum di semua level.

Advertisement

Deddy kehilangan hak suara dalam pemilu karena setelah menyandang pangkat Letkol Tituler pada dirinya melekat hak dan tanggung jawab sebagai anggota TNI.

Perihal hilangnya hak suara Deddy Corbuzier ini disampaikan Juru Bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak, Sabtu (11/12/2022).

Baca Juga: Ini Alasan Utama Pemberian Pangkat Letkol Tituler untuk Deddy Corbuzier

Advertisement

Dahnil mengatakan Deddy secara langsung akan terikat dengan aturan militer, termasuk hak pilihnya dalam pemilu.

“Deddy akan terikat dengan aturan militer, termasuk kehilangan hak pilih selama dia bertugas,” kata Dahnil Anzar, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dahnil menambahkan, pemberian pangkat Letkol Tituler untuk Deddy karena kemampuan khusus yang dimiliki mentalis yang kini aktif sebagai Youtuber tersebut.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Berpangkat Letkol Tituler TNI AD, Ini Regulasi Hukumnya

Advertisement

Sebagai Youtuber dengan follower hampir 20 juta, Deddy memiliki pengaruh yang sangat kuat di masyarakat.

Selain di Youtube, Deddy juga aktif di sejumlah media sosial lainnya dengan pengikut yang juga banyak.

“Deddy diberikan kepangkatan itu dengan pertimbangan kemampuan khusus yang dibutuhkan TNI, yakni kapasitas komunikasi di sosial media. Kemampuan, dan performance DC (Deddy Corbuzier) tersebut akan membantu TNI untuk menyebarkan pesan-pesan kebangsaan dan sosialisasi tugas-tugas TNI dalam rangka menjaga pertahanan RI,” kata Dahnil.

Baca Juga: Paku Buwono X dan XII serta Mangkunegara VII & VIII Pernah Diberi Gelar Tituler

Advertisement

Pangkat Tituler TNI AD prestisius karena pernah diterima mendiang Raja Solo Pakubuwana X dan Sultan Jogja Hamengkubuwana IX di era perjuangan kemerdekaan RI.

Pemberian pangkat dari Menhan untuk Deddy telah disahkan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Dasar hukum pemberian pangkat kepada Deddy Corbuzier, kata Dahnil, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2010 tentang Administrasi Prajurit TNI.

Baca Juga: Diduga Berseteru dengan Deddy Corbuzier, Meyden Jadi Trending di Twitter

Advertisement

Menurut PP tersebut, pangkat tituler merupakan salah satu pangkat khusus TNI selain pangkat lokal.

Penjelasan Pasal 5 ayat (2) huruf b menuliskan pangkat tituler adalah pangkat yang diberikan kepada warga negara yang sepadan dengan jabatan keprajuritannya.

Adapun jabatan yang dipangku orang dengan pangkat tituler, serendah-rendahnya Letnan Dua.

Baca Juga: Wow! Mentalis Deddy Corbuzier Kini Berpangkat Letkol Tituler TNI AD

Pangkat tituler diberikan kepada warga negara yang diperlukan dan bersedia untuk menjalankan tugas jabatan keprajuritan tertentu di lingkungan TNI.

Tugas jabatan keprajuritan tertentu tersebut merupakan tugas jabatan di lingkungan TNI yang mutlak diduduki perwira, seperti perwira rohani atau perwira korsik.

Advertisement

Penggunaan pangkat tituler sendiri hanya berlaku selama penerima memangku jabatan keprajuritan.

Baca Juga: Seperti Deddy Corbuzier, Raja PB X dan HB IX juga Berpangkat Tituler TNI AD

Setelah orang yang menerima pangkat tituler tak lagi memangku jabatan keprajuritan, maka pangkat tersebut akan dicabut.

Pasal 29 PP Nomor 39 Tahun 2010 juga menjelaskan penerima pangkat tituler akan mendapatkan perlakuan administrasi terbatas selama masih memangku jabatan atau pangkat belum dicabut.

Sebelumnya, Deddy Corbuzier mengucapkan terima kasih kepada Keluarga Besar TNI dan Kementerian Pertahanan atas penghargaan dan kepercayaan tertinggi itu.

Baca Juga: Goda Deddy Corbuzier, Ari Lasso: Letkol Dedi Cahyadi Lebih Keren

“Ini artinya mengawali perjalanan baru bagi saya untuk mengemban tugas dan tanggung jawab pada NKRI secara bersih dan tidak memihak kecuali pada Pancasila. Mudah mudahan dengan hadirnya saya di Keluarga Besar TNI bisa lebih memberikan warna baru dan gagasan gagasan untuk rakyat, bangsa, dan negara,” kata Deddy dalam Instagram @mastercorbuzier.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif