News
Sabtu, 4 Maret 2023 - 01:06 WIB

Berduka, Erick Thohir Berharap Tragedi Depo Plumpang Tak Terjadi Lagi

Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri BUMN, Erick Thohir. (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir prihatin dengan musibah kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara yang menewaskan sedikitnya 14 orang, Jumat (3/3/2023) malam.

Erick Thohir meminta PT Pertamina (Persero) bertindak cepat dalam mengatasi peristiwa terbakarnya pipa BBM di Plumpang yang juga mengakibatkan korban luka terbakar puluhan orang itu.

Advertisement

Pria yang juga menjabat Ketua Umum PSSI itu berharap kejadian serupa tidak terulang lagi.

“Saya menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga korban. Kita semua sedih mendapatkan musibah ini,” ujar Erick dalam rilisnya yang diterima Solopos.com, Sabtu (4/3/2023) dini hari.

Advertisement

“Saya menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga korban. Kita semua sedih mendapatkan musibah ini,” ujar Erick dalam rilisnya yang diterima Solopos.com, Sabtu (4/3/2023) dini hari.

Erick Thohir mengaku langsung menghubungi Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati untuk mendapatkan update terkini di lokasi kejadian.

“Saya sudah telepon Dirut Pertamina. Yang terpenting saat ini bagaimana Pertamina bersama sejumlah pihak segera bisa memadamkan api dan menyelamatkan korban serta warga sekitar,” ujar Erick.

Advertisement

Dia meminta Pertamina mengusut tuntas peristiwa itu dan berkoordinasi secara intensif dengan kepolisian dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan tindakan tanggap darurat di sekitar lokasi kejadian.

Erick mengatakan aksi tindakan yang cepat menjadi keharusan dalam memimalisasi dampak peristiwa tersebut, terutama untuk masyarakat sekitar.

“Segera monitor area di sekitar lokasi, segera ambil tindakan evakuasi warga yang berada di dekat lokasi tersebut. Utamakan keselamatan masyarakat dan para pekerja di sana,” ucap Erick.

Advertisement

Dia menegaskan peristiwa ini akan menjadi catatan penting bagi dirinya dalam mengevaluasi operasional Pertamina.

Erick menilai evaluasi menjadi keharusan agar peristiwa seperti tidak terulang kembali di masa yang akan datang.

“Sekarang fokus kita adalah segera melakukan penanganan korban, dan mengantisipasi dampak yang ditimbulkan. Soal evaluasi, itu pasti akan dilakukan setelah nanti ada investigasi mendalam terkait kejadian ini,” kata Erick.

Advertisement

Dirut Pertamina Nicke Widyawati menyatakan saat ini pihaknya memprioritaskan pemadaman dan evakuasi warga di sekitar lokasi.

Nicke turut mengucapkan keprihatinannya dan permohonan maaf atas kejadian ini,
“Pertamina akan memberikan penanganan yang terbaik bagi masyarakat terdampak,” jelas Nicke.

Pertamina membentuk tim gabungan dengan PT Pertamina Patra Niaga, fungsi terkait dan aparat penegak hukum untuk menginvestigasi penyebab terjadinya insiden malam ini.

“Kami akan melakukan evaluasi dan merefleksi menyeluruh di internal demi menghindari kejadian serupa terulang,” ungkap Nicke.

Pertamina memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) tetap aman dengan back up supply dari terminal terdekat yaitu TBBM Tanjung Gerem, TBBM Cikampek, dan TBBM Ujung Berung.

Pasokan BBM juga diamankan melalui dukungan dari Kilang Cilacap dan Balongan yang disalukan lewat laut ke TBBM Tanjung Priuk.

Hingga Sabtu pukul 01.00 WIB, jumlah korban meninggal sebanyak 14 orang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif