News
Sabtu, 23 Mei 2015 - 16:30 WIB

BERAS PLASTIK : Bareskrim Usut Temuan Beras Plastik

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Beras yang diduga plastik dicoba dibakar. Hasilnya, beras yang diduga plastik berwarna hitam menggumpal seperti plastik, sedang beras biasa menjadi abu. (JIBI/Harian Jogja/Uli Febriarni)

Beras plastik dibawa ke ranah hukum setelah Polri menerima laporan soal temuan beras dicampur bahan kimia.

Solopos.com, JAKARTA – Mabes Polri telah menerima laporan data Badan Pengawas Obat dan Makanan terkait adanya temuan beras dicampur bahan kimia.

Advertisement

Kepala Bareskrim Mabes Polri Irjen Pol Budi Waseso menyatakan segera menindaklanjuti temuan tersebut.

Nantinya, kata dia, laporan itu dikombinasikan dengan hasil dari Puslabfor Polri dan hasil temuan beras campur zat kimia berbahaya oleh Sucofindo agar punya kekuatan hukum.

?”Oh iya, itu dari BPOM tapi nanti kita padukan data dari Puslabfor kita supaya ada kekuatan hukumnya. Sedang kita koordinasikan nanti,” katanya di Jakarta, Sabtu (23/5/2015).

Advertisement

Diperkirakan butuh waktu dua hari untuk mengombinasi temuan itu dan selanjutnya Polri akan melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut.

Setelah melihat secara keseluruhan, Polri segera melakukan penyitaan.

“Kalau semua lengkap, enggak lama kok, paling satu sampai dua hari,” ujar dia.

Advertisement

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan selain memastikan kandungan bahan kimia, polisi juga menelusuri asal usul beras sintetis berasal dari dalam atau luar negeri. Jika ditemukan tindak pidana maka dikenakan UU Pangan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif