News
Senin, 31 Juli 2023 - 16:27 WIB

Bengawan UV UNS Solo Pamerkan Drone, Menang Kompetisi Roboworld Cup di Jerman

Dhima Wahyu Sejati  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bengawan Unmanned Vehicle (UV) Team Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dalam acara Appreciation Day yang dilaksanakan di Gedung R. Ng. Ranggawarsita PUI Javanologi UNS, Senin (31/7/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Bengawan Unmanned Vehicle (UV) Team Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dalam acara Appreciation Day yang dilaksanakan di Gedung R. Ng. Ranggawarsita PUI Javanologi UNS, Senin (31/7/2023) memamerkan drone atau pesawat nirawak. 

Bengawan UV UNS memamerkan karya yang dipergunakan dalam kompetisi. Bengawan UV UNS mengirimkan empat orang delegasi mahasiswa untuk bertanding di Jerman. Mereka adalah Diasdamara Fakhri Nugroho, Rakhli Dian Pramudya, Ibnu Naufal, serta M. Kholilul Hilmy B.

Advertisement

Koordinator Tim pada ajang FIRA Roboworld Cup and Summit 2023, Diasdamara Fakhri Nugroho menjelaskan dalam kompetisi mereka ditantang menuntaskan misi dalam ruangan menggunakan drone yang telah dibuat. 

“Misi tersebut adalah road tracking atau pelacakan jalan yang digunakan untuk kebutuhan pertolongan pertama, pencarian objek, dan pencitraan ruang,” kata dia, Senin.

Pembuatan drone yang dibawa Tim Bengawan UV UNS memakan waktu 6—8 bulan. Proses tersebut dimulai pada akhir 2022 dimana mereka mempersiapkan kebutuhan program, rangka, elektronis, hingga pematangan. Hingga pada saat kompetisi yang berlangsung 17—21 Juli 2023, tim Bengawan UV UNS memperoleh dua penghargaan.

Advertisement

“Kita dapat first place kategori emergency service. Ada juga technical award yang bisa kita selesaikan, yaitu object grasping,” terang dia.

Pembina Bengawan UV UNS Solo, Syamsul Hadi, menjelaskan bahwa keikutsertaan mahasiswa dalam suatu kompetisi merupakan bentuk keselarasan dengan hobi yang dimiliki. Tidak hanya sampai disitu, mahasiswa dapat mengembangkan karya ciptaan mereka menjadi sebuah skripsi atau tugas akhir. 

“Ini yang kita dorong dari mereka untuk menggabungkan antara hobi dan keilmuan agar kegiatan mereka dapat bersinergi. Misalkan hobinya seputar kapal, maka tugas akhirnya nyambung dari kapal itu,” tutur Syamsul Hadi.

Advertisement

Bengawan Unmanned Vehicle (UV) sukses raih kemenangan dalam ajang Federation of International Robot Sport Association (FIRA) Roboworld Cup and Summit 2023 di Jerman. 

Dalam ajang ini, mereka merebut posisi pertama dalam kategori Emergency Service dan penghargaan Object Grasping pada kategori Emergency Service Technical Challenge.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif