News
Selasa, 29 Maret 2016 - 12:45 WIB

BBM BARU : Pertamax Plus Segera Dihapus, Ini Gantinya

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - SPBU di Malang kehabisan Pertamax, Jumat (2/1/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Ari Bowo Sucipto)

BBM baru Pertamax Turbo segera gantikan Pertamax Plus.

Solopos.com, JAKARTA – PT Pertamina akan menghadirkan bahan bakar minyak (BBM) baru bernama Pertamax Turbo. BBM yang saat ini tengah diuji di benua Eropa itu diproyeksikan sebagai pengganti Pertamax Plus.

Advertisement

Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang mengatakan BBM baru Pertamax Turbo sedang diuji coba di Eropa pada mobil dengan performa mesin tinggi seperti Ferrari, Lamborghini, dan Porsche.

Pengujian itu dilakukan selama tiga bulan dan saat ini baru berjalan dua pekan. Jika hasilnya baik, maka Pertamax Turbo akan langsung diluncurkan dan dipasarkan di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Indonesia sebelum akhir tahun ini.

”Kami punya Pertamax Turbo dipasarkan di Eropa. Jadi Ferrari, Lamborghini, dan Porsche sudah pakai. Kalau di sana bagus, kira-kira tiga bulan kami launching di Indonesia,” papar Bambang seperti dilansir laman Liputan6, Senin (28/3/2016).

Advertisement

Seiring dengan hal tersebut, sebagaimana dilaporkan laman Detik,  Pertamax Plus juga akan dihapus. Tetapi belum bisa dipastikan penghapusan itu dilakukan sebelum atau sesudah Pertamax Turbo diluncurkan.

Bambang menambahkan, Pertamax Turbo cocok untuk mesin berperforma tinggi karena memiliki nilai research octane number (RON) 98. Angka itu tiga tingkat lebih tinggi dari Pertamax Plus (RON 95) dan enam tingkat di atas Pertamax (RON 92).

Urusan harga, Bambang mengatakan Pertamax Turbo yang saat ini masih diolah di kilang minyak di Eropa dijual seharga US$1 atau sekitar Rp13.000 per liter.

Advertisement

Tetapi begitu masuk ke Indonesia, seluruh proses pengolahan BBM baru itu akan dilakukan di dalam negeri dan harganya diprediksi bisa turun hingga Rp10.000 per liter atau lebih mahal Rp1.150 dari banderol Pertamax Plus saat ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif