News
Selasa, 29 Agustus 2023 - 17:56 WIB

Bawa Misi Mulia, Solopos Goes to Campus Dekatkan Praktisi dengan Mahasiswa

Gigih Windar Pratama  /  Ika Yuniati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - President Director Solopos, Arief Budisusilo (kanan), dalam acara Solopos Goes to Campus dengan tema Enpowering Young People For Creative Industriesyang digelar di Gedung Studio FISIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Selasa (29/8/2023). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, SOLO —  Serangkaian agenda perayaan HUT ke-26 Solopos Media Grup yakni Solopos Goes to Campus kembali digelar dengan megangkat tema Empowering Young People for Creative Industries.

Pada tahun ini, Solopos Goes to Campus dimulai dengan agenda pertama di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Seblelas Maret (UNS) Solo, Selasa (29/8/2023).

Advertisement

Gelaran pertama menghadirkan sederet narasumber, yaitu Head of Corporate Communication PT Adaro Energy Indonesia Tbk., Febriati Nadira, Sutradara Film Dokumenter, Fanny Chotimah, dan Pemimpin Redaksi Solopos Media Group, Rini Yustiningsih.

Program Manager Solopos Goes to Campus 2023, Hijriyah Wakhidah, mengatakan acara tersebut sengaja diadakan di kampus untuk mempertemukan antara mahasiswa dengan ahli dan praktisi di bidangnya.

Advertisement

Program Manager Solopos Goes to Campus 2023, Hijriyah Wakhidah, mengatakan acara tersebut sengaja diadakan di kampus untuk mempertemukan antara mahasiswa dengan ahli dan praktisi di bidangnya.

Melalui agenda tersebut, para mahasiswa diharapkan bisa belajar sekaligus menimba ilmu secara langsung.

“Jadi intinya, Solopos Goes to Campus mempertemukan mahasiswa dengan praktisi. Mereka bisa belajar tentang keilmuan tertentu langsung dari para praktisi. Seperti yang di FISIP UNS Solo tadi, mahasiswa bisa belajar secara langsung bagaimana dunia kerja di bidang PR [public relations], jurnalistik, bahkan di industri film.  Harapannya bisa membuka wawasan mahasiswa bahwa dunia kerja itu jauh berbeda dengan teori-teori di kelas,” kata Hijriyah, Selasa.

Advertisement

“Di dua kampus itu juga akan hadir narasumber praktisi. Solopos Goes to Campus adalah rangkaian dari Solopos Youth Forum 2023, yang puncaknya akan digelar di Terminal Tirtonadi Convention Hall Solo pada 26 September 2023 mendatang,” lanjut Hijriyah.

Disambut antusias mahasiswa, acara tersebut menghadirkan tiga narasumber perempuan yang ahli di bidangnya masing-masing.  Narasumber pertama yakni Head of Corporate Communication PT Adaro Energy Indonesia Tbk., Febriati Nadira. Dia dikenal sebagai praktisi public relations spesialis telekomunikasi dan sudah berkecimpung di industri tersebut selama 16 tahun.

Narasumber kedua, Sutradara Film Dokumenter, Fanny Chotimah. Perempuan lahir di Bandung pada 1983 saat ini berdomisili di Solo. Film dokumenter panjang yang menjadi debut pertamanya sebagai sutradara adalah You And I pada 2020.

Advertisement

Film tersebut membawa Fanny meraih sejumlah penghargaan bergengsi, mulai dari Piala Citra dan Piala Maya sebagai Film Dokumenter Panjang Terbaik hingga penghargaan Asian Perspective di DMZ International Film Festival Korea. Fanny membahas banyak hal seputar peluang anak muda di industri kreatif film.

Narasumber ketiga yakni Pemimpin Redaksi Solopos Media Group, Rini Yustiningsih yang juga alumnus FISIP UNS Solo. Di Solopos Goes to Campus, Rini  berbicara seputar industri media butuh anak muda kreatif dan jurnalis kekinian.

Salah satu peserta Solopos Goes to Campus 2023 sekaligus mahasiswa FISIP UNS Solo, Rahayu Wulandari, mengapresiasi acara tersebut.

Advertisement

Rahayu merasa acara tersebut membuatnya makin memiliki pandangan yang luas terkait dunia kerja. Ia juga menyebut, narasumber yang dihadirkan sukses memberikan gambaran dan sudut pandang baru terkait keahlian masing-masing.

“Tadi juga dijelaskan bagaimana dunia kerja seperti public relation [PR] yang kebetulan juga merupakan cita-cita saya masuk ke FISIP. Saya jadi punya pandangan bagaimana dunia kerja itu, bisa membagi mana itu idealisme dalam bekerja dan pentingnya bekerja secara total agar bisa terus berkembang secara individu,” ujarnya.

President Director Solopos, Arief Budisusilo, dalam sambutannya mengajak mahasiswa dan peserta diskusi memahami pentingnya berkomunikasi sebagai dasar keahlian.

Ia juga mengatakan adanya forum ini juga sangat tepat untuk berbagi pengalaman dan ilmu dari narasumber kepada para mahasiswa.

“Apapun experience anda, apapun background anda, anda harus punya keahlian berkomunikasi. Kegagalan komunikasi seorang presiden, negara bisa jatuh, kegagalan komunikasi, perusahaan bisa bangkrut. Tapi ketika bisa menguasai komunikasi banyak hal yang bisa ditemukan, intinya ini forum yang tepat, saya percaya creative things adalah backbone dari semua profesi kita,” ujarnya.

Tahun ini, Solopos goes to Campus didukung sepenuhnya oleh Astra Internasional, PT Adaro Energi Indonesia Tbk., Pospay, BCA, dan Telkomsel.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif