News
Senin, 9 Desember 2013 - 18:24 WIB

Batu Mulia Jadi Penggerak Ekonomi Kreatif

Redaksi Solopos.com  /  Maya Herawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi batu akik (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Harianjogja.com, JOGJA–Pameran batu mulia bertajuk Indonesia Gems Lover Expo 2013 yang digelar di XT Square, menjadi pameran pertama yang pernah digelar di Jogja. Pameran ini menjadi ajang berkumpul, baik pecinta kolektor batu mulia maupun pengusaha batu mulia. Sekaligus menjadi wadah penggerak industri kreatif di bisnis ini.

Batu mulia tidak hanya sekadar perhiasan pemanis tubuh semata. Tak hanya bernilai investasi yang tinggi, tetapi juga menjadi label status seseorang yang cukup prestisius.  “Tapi tren batu akik sekarang ini tidak semata-mata dikagumi para orang dewasa atau orangtua. Anak-anak muda pun mulai melirik berharganya batu mulia ini,” ujar Hasan Ansori, pemilik Gladak Batu Mulia saat mengikuti pameran tersebut Minggu (8/12).

Advertisement

Pameran yang digelar di Gedung Umar Kayam ini menghadirkan puluhan pedagang batu mulai, dari akik hingga permata. Batu-batu yang dipamerkan pun juga tak hanya berasal dari Nusantara, tetapi juga dari berbagai negara. Salah satunya di booth milik Hasan yang menghadirkan batu-batu mulia berkualitas tinggi dari berbagai negara.

“Kalau batu asal luar negeri peminatnya memang lebih ke orang dewasa. Anak-anak muda biasanya lebih tertarik dengan batu-batu mulia dalam negeri,” jelas Hasan.

Batuan mulia maupun batu akik dari Indonesia harganya cukup variatif. Bagi seorang penggemar batu, harga bukan menjadi masalah untuk bisa memiliki sebongkah kecil batu-batu ini. Tak heran bila harganya pun bisa mencapai ratusan juta rupiah, hanya untuk satu buah cincin atu liontin.

Advertisement

“Batu akik lokal, harganya bisa berkisar dari Rp500.000 sampai Rp1 juta ke atas. Tapi kalau batuan mulia dari luar negeri, blue safir asal Afrika misalnya bisa puluhan juta rupiah ke atas,” ungkap Hasan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif