News
Selasa, 24 Februari 2015 - 20:45 WIB

BATU AKIK: Butuh Waktu 20 Hari untuk Pindahkan Batu Giok Seberat 20 Ton

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Giok 20 ton yang ditemukan di Aceh (Detik.com)

Batu akik giok seberat 20 ton yang ditemukan di Aceh setidaknya membutuhkan waktu 20 hari untuk memindahkannya.

Solopos.com, BANDA ACEH  – Penemuan batu akik giok seberat 20 ton menghebohkan masyarakat. Tak ingin menimbulkan konflik di antara warga yang berebut mendapatkan batu tersebut akhinya diambil alih oleh Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) setempat. Mereka membutuhkan waktu setidaknya 20 hari untuk memindahkan batu mulia itu.

Advertisement

“Kita memperkirakan membutuhkan waktu selama 20 hari untuk memindahkan batu ini,” ujar Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Nagan Raya, Samsul Kamal sebagaimana diberitakan Detik.com, Senin (23/2/2015).

Lokasi penemuan batu masih terus dijaga oleh pihak kepolisian. Meski sempat ditentang oleh warga, namun proses pemindahan batu ini berjalan lancar.

Untuk mengangkut batu mulia raksasa ini setidaknya 60 warga dilibatkan untuk ikut membantu. Mereka harus melewati tanjakan bukit dan sungai. Batu yang diperkirakan memiliki berat 20 ton ini dipotong dengan menggunakan empat mesin yang dioperasikan oleh masyarakat.

Advertisement

Keputusan untuk membelah batu akik giok tersebut didapatkan melalui pertemuan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pekan lalu. Sebelumnya, batu sempat jadi masalah karena ada warga yang mengamankan dan sebaliknya, ada warga yang berusaha mengambil. Polisi dan TNI turun tangan dalam kejadian ini.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif