News
Senin, 17 Oktober 2011 - 10:58 WIB

Banjir produk China, Mari Elka Pangestu digeser?

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Mari Elka Pangestu

Jakarta (Solopos.com)– Kendati Presiden SBY masih menggodok komposisi calon kabinet. namun sudah muncul kabar Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu disebut-sebut akan digeser oleh SBY.

Advertisement

“Saya dapat informasi bahwa Menteri Perdagangan, Mari Pangestu akan digeser. Dia katanya akan ditempatkan di Kementerian Pariwisata,” ujar ekonom Dradjad Wibowo saat dihubungi, Senin (17/10/2011).

Menurut Dradjad, perdagangan menjadi salah satu titik lemah pemerintahan SBY. Meledaknya produk impor dari China menjadi bukti bahwa Mari gagal.

“Sektor perdagangan menjadi Achilles (titik lemah pada Kuda Troya), sehingga memang pantas diganti. Masyarakat pengrajin kita banyak yang protes dengan membanjirnya produk dari China, yang mana merupakan kebijakan Mari,” terangnya.

Advertisement

Dradjad mengungkapkan, kemungkinan Mari Pangestu akan ditempatkan di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. “Dan kalau benar, maka ini akan menjadi tantangan bagi Mari. Dia akan ditantang untuk menghasilkan devisa negara,” tuturnya.

Lalu bagaimana dengan Jero Wacik yang saat ini menjabat sebagai Menbudpar? “SBY sedang mempertimbangkan kursi mana yang pantas untuk Jero,” ucapnya.

Selain Mari, Presiden SBY juga sedang menimang-nimang untuk mengganti Agus Marto dari kursi Menteri Keuangan. Namun rupanya belum ada pengganti Agus yang sreg dengan keinginan SBY.

Advertisement

“Kalau informasi yang saya terima terakhirnya Agus Marto tetap di Menkeu. Saat ini kita stabilitas, karena Eropa masih krisis dan Amerika juga belum pulih, jadi Agus mungkin tetap jadi Menkeu,” jelasnya. dtc

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif