News
Sabtu, 4 Februari 2012 - 14:19 WIB

BANJIR CIREBON: Ribuan Rumah Terendam Banjir

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

CIREBON-Tim SAR Kabupaten Cirebon siaga untuk mengevakuasi warga menyusul banjir setinggi satu meter yang menerjang empat desa di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Keempat desa yang terendam banjir yakni Desa Wanakaya, Desa Astanagunungjati, Desa Jatimerta Kecamatan Gunungjati, dan Desa Handir Kecamatan Plered. Banjir ini diakibatkan meluapnya sungai Condong.

Advertisement

Solikah, warga Desa Wanakaya menceritakan hujan mulai mengguyur pada Jumat (3/2/2012) sekitar pukul 15.00 WIB. Banjir mulai menggenangi rumah warga.

Ketinggian air terus bertambah hingga mencapai satu meter sejak, Sabtu (4/2/2012), mulai pukul 01.00 WIB dinihari. Desa Wanakaya yang merupakan desa terparah yang terkena banjir.

Warga lainnya, Hadiyanto, menyampaikan hal serupa. Menurut dia, ribuan rumah telah terendam banjir.

Advertisement

“Warga berjaga-jaga dan menaikkan barang-barang agar selamat. Kalau empat desa itu, jumlah rumah yang terendam bisa lebih dari seribu. Di Wanakaya saja ada sekitar 600 rumah,” kata Hadiyanto.

Sejumlah anggota SAR Cirebon berjaga-jaga di lokasi desa mengantisipasi kemungkinan evakuasi. Satu perahu karet juga disiapkan.

Hingga kini, belum ada tanggap darurat berupa posko dari Pemkab Cirebon. Banjir ini, adalah banjir terparah kedua setelah banjir serupa pada 25 Desember tahun lalu. Waktu itu, air bahkan merendam jalur Cirebon-Indramayu, yang mengakibatkan lalu lintas terganggu. detikcom

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif