News
Sabtu, 1 September 2012 - 11:26 WIB

BAKU TEMBAK TIPES SOLO: JAT Bantah Anggota Terlibat Aksi di Solo

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (JIBI/SOLOPOS/Is Ariyanto)

Petugas kepolisian mengatur arus lalu lintas (lalin) di Jalan Veteran, Tipes, Serengan, Solo, Sabtu (1/9/2012) pagi. Antusias masyarakat yang tinggi untuk melihat kondisi tempat kejadian perkara (TKP) baku tembak antara Tim Densus Antiteror (Densus) 88 dengan terduga teroris, menyebabkan arus lalu lintas di jalan tersebut tersendat. (Is Ariyanto/JIBI/SOLOPOS)

JAKARTA–Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) menegaskan tak terlibat sedikit pun dalam aksi terorisme di Solo, Jawa Tengah. Polisi diminta jangan gegabah dalam mengidentifikasi kelompok teror.

Advertisement

“Saya heran kenapa selalu dilarikan ke JAT. Polisi seharusnya cukup gentle, dalam mengidentifikasi setiap kelompok,” kata Juru Bicara JAT, Sonhadi, saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (1/9/2012).

Menurut dia, JAT selalu jadi tertuduh ketika ada aksi terorisme. Padahal, selama ini, pihaknya selalu berusaha menghindari aksi kekerasan.

“Kenapa kelompok kami selalu dikaitkan. Selalu seperti itu,” tegasnya.

Advertisement

Terkait dua nama yang ditembak polisi hingga tewas, Sonhadi kembali memastikan bahwa itu bukan anggota JAT. “Keaggotaan kami jelas, punya member. Dari daftar kita, mereka nggak ada,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyaad Mbai mengatakan dua terduga teroris yang tewas, Farhan dan Mukhsin diduga anggota JAT. Kedua terduga teroris itu tewas dalam baku tembak di Jl Veteran, Solo, Jumat (31/08/2012) malam.

Seorang pengendara sepeda motor disergap petugas Densus di tengah jalan. Pengendara tersebut melawan dengan tembakan. Menurut saksi, pengendara motor tewas diberondong senjata petugas.

Advertisement

3 Orang tewas dalam baku tembak tersebut. 2 Orang dari pihak terduga teroris dan 1 orang petugas Densus 88 atas nama Bripda Suherman. Sedangkan 1 orang dari pihak terduga teroris berhasil diamankan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif