News
Jumat, 15 April 2011 - 12:52 WIB

Bahas pembebasan sandera, Marty temui Menlu Somalia

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)–Menteri Luar Negeri (Menlu), Marty Natalegawa direncanakan bertemu dengan Menlu Somalia Mohamed Abdullah Omaar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Marty akan menyinggung pembebasan 20 orang awak Kapal MV Sinar Kudus yang disandera perompak Somalia.

“Saat ini beliau sedang ke Kairo, Mesir. Ada pertemuan bilateral dengan pemerintah Mesir. Setelah itu beliau pulang ke Jakarta lalu akan berangkat lagi ke Abu Dhabi tanggal 18-19 April untuk mengikuti pertemuan internasional atau konferensi untuk menghadapi pembajakan di kawasan maritim,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Michael Tene di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (15/4/2011).

Advertisement

Tene menambahkan kalau dalam pertemuan tersebut Menlu Somalia Mohamed Abdullah Omaar hadir, pihak Kemenlu akan mengupayakan pertemuan keduanya.

Lalu apakah akan membahas agenda pembebasan sandera? “Saya belum bisa mendahului yang akan dibicarakan tapi kalau bertemu tentu permasalahan itu akan disinggung juga,” tutupnya.

Kapal MV Sinar Kudus dibajak oleh perompak Somalia di perairan Laut Arab, saat melakukan perjalanan dari Pomalaa, Sulawesi Tenggara, menuju ke Rotterdam, Belanda, tanggal 16 Maret 2011 lalu. Kapal yang diawaki oleh 31 ABK, 20 orang di antaranya Warga Negara Indonesia (WNI) tersebut bermuatan biji nikel dan seharusnya sudah sampai 34 hari setelah keberangkatan.

Advertisement

Keluarga ABK menyebut, perompak meminta tebusan hingga Rp 77 miliar. Kapal tersebut berisi biji nikel seharga Rp 1,5 triliun milik PT Antam. Sedang kapal tersebut milik PT Samudera Indonesia Tbk. Kedua pihak inilah yang berkoordinasi dalam upaya pembebasan sandera.

(dtc/tiw)

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Perompak Somalia
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif