News
Minggu, 5 April 2015 - 17:15 WIB

BADAI FILIPINA : Topan Maysak Melemah, Pengungsi Kembali ke Rumah

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Topan Maysak terlihat di Samudra Pasifik barat, barat laut dari Pulau Yap yang diambil oleh satelit Suomi NPP di VIIRS instrumen pada 1 April 2015. (JIBI/Solopos/Reuters)

Badai Filipina membuat puluhan ribu warga mengungsi. Tapi kini topan melemah siginifikan.

Solopos.com, MANILA – Topan Maysak yang menerjang wilayah Filipina melemah secara signifikan, Minggu (5/4/2015).

Advertisement

Ratusan orang di Pulau Luzon, Filipina meninggalkan lokasi pengungsian dan kembali ke rumah.

Meski demikian peringatan akan adanya hujan lebat dan ombak besar tetap didengungkan.

Ratusan warga dari Provinsi Isabela and Aurora di Pulau Luzon bergerak menuju hunian sehari setelah mereka dievakuasi bersama puluhan ribu orang lainnya menyusul ancaman hantaman Maysak pada Minggu pagi.

Advertisement

Meski demikian topan berkecepatan angin hingga 250 kilometer per jam itu hanya menerjang daratan dengan kecepatan 55 kilometer per jam.

“Kami berterima kasih kepada Tuhan. Dari sebuah super topan pekan lalu, sekarang menjadi depresi tropis. Kami kembali terhindar dari bencana,” kata Direktur Eksekutif Manajemen Pengurangan Risiko Bencana Filipina, Alexander Pama, seperti dilansir Reuters.

Maysak menewaskan sembilan orang di Mikronesia pekan lalu. Topan itu selain merenggut korban jiwa juga menghancurkan bangunan-bangunan dan pepohonan di negara timur Filipina tersebut. Sementara Pama saat berita ini diturunkan pada Minggu siang, mengatakan belum menerima laporan tentang adanya korban.

Advertisement

Dikutip dari theguardian.com sekitar 24.000 orang di provinsi pesisir, Aurora, dievakuasi Sabtu (4/4/2015). Wakil Menteri Kesejahteraan Sosial Filipina, Vilma Cabrera dalam konferensi pers di Manila mengatakan sekitar 10.000 turis juga telah diperingatkan untuk menjauh dari pantai Aurora, Jumat (3/4/2015).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif