News
Kamis, 9 Februari 2012 - 21:41 WIB

Asyiik, Naik KERETA KENCANA Gratis Loh

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kereta Kencana (dok)

Kereta Kencana (dok)

SOLO–Masyarakat umum Kota Solo dipastikan memiliki kesempatan mengakses kereta kencana gratis sepanjang periode 2012, tidak hanya saat car free day (CFD). “Tinggal order di kantor kami, tepatnya di loket Tourism Information Center (TIC), masyarakat bebas pakai, kapanpun, saya gratiskan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Widdie Srihanto, saat ditemui Solopos.com, di ruang kerjanya, Kamis (9/2/2012).

Advertisement

Ia menyampaikan, sudah satu bulan ini Disbudpar menarik kereta kencana tersebut dari hotel-hotel yang sebelumnya dijadikan tempat untuk majang kereta tersebut. Yakni, The Sunan Hotel, Best Western, Solo Paragon Hotel&Residances. Dan sebelumnya, masyarakat umum Kota Solo dinilai sulit mengakses moda unik tersebut, karena kereta tersebut dipajang di hotel. Terkesan, hanya tamu hotel saja yang bisa sewa kereta kencana.

“Saya ingin masyarakat publik tahu soal kereta kencana. Kalau hanya ngendon di hotel, upaya branding jelas sulit dilakukan. Toh selama ini keberadaan kereta kencana di hotel belum bisa memberikan kontribusi apa-apa,” terang Widdie. Widdie pun menyampaikan, tahun ini Pemkot tidak akan mengkomersilkan kereta kencana tersebut. Apalagi, memberikan setoran kepada pendapatan asli daerah (PAD).

“Kereta kencana itu belum akan di-PAD-kan. Kami juga tidak punya biaya untuk operasional dan perawatan kereta. Maka, untuk pengelolaan tahun ini kami menggandeng komunitas kereta dan kuda. Terserah, kalau ada yang mau sewa, kami juga sudah minta agar dibuat juga administrasinya. Sambil , Pemkot mempersiapkan penataan ulang manajemen kereta,”ujar Widdie.

Advertisement

(JIBI/SOLOPOS/Hijriyah Al Wakhidah)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif