News
Minggu, 4 September 2011 - 21:54 WIB

Arus mudik sudah sepi, tiket KA dari Jakarta dijual murah

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Jakarta (Solopos.com) – Masyarakat yang baru mudik setelah Idul Fitri dengan kereta api kelas eksekutif ke Jogja dan Solo mendapatkan keuntungan. Selain suasana lebih sepi, harga tiket pun lebih murah. Tiket KA ke Jogja dan Solo kini cuma dibanderol Rp 200.000.

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Advertisement
Tiket KA Taksaka 2 tujuan Jogja dari Stasiun Gambir pukul 20.45 WIB dijual seharga Rp 200.000. Harga ini lebih murah dibandingkan hari biasanya atau menjelang Lebaran kemarin. Menurut petugas loket di Gambir, pada hari biasa, tiket Taksaka 2 dijual sekitar Rp 250.000. Sementara itu pada saat arus mudik Lebaran kemarin, tiket tersebut melonjak harganya menjadi sekitar Rp 400.000.

“Ini memang karena ada revisi harga tiket,” kata petugas loket di Stasiun Gambir, Minggu (4/9/2011). Sedangkan tiket menuju Stasiun Solo Balapan yang biasanya nyaris tembus Rp 300.000, saat ini bisa ditebus dengan uang Rp 200.000 saja.
Mungkin karena ada penurunan harga tiket, jumlah penumpang KA di H+3 ini masih lumayan padat. Pada sekitar pukul 11.00 WIB, kursi penumpang Taksaka hampir ludes dipesan. Namun, untuk KA Argo Lawu masih terbilang longgar.

Humas PT KA Daops I, Mateta Rizalulhaq membenarkan harga tiket KA eksekutif Jakarta-Jogja-Solo mengalami penurunan. Mulai tanggal 2 September kemarin, PT KA menerapkan tarif batas bawah untuk tiket KA kelas eksekutif. Pengenaan tarif batas bawah itu akan diberlakukan hingga 11 September mendatang. “Iya, itu fleksibilitas tarif. Mulai tanggal 2 (September), dari Jakarta menggunakan tarif batas bawahnya atau TBB),” kata Mateta.

Advertisement

JIBI/SOLOPOS/dtc

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif