News
Senin, 10 April 2023 - 19:53 WIB

Aparat TNI-Polri Gerebek Markas KKB, Ringkus Seorang Anak Buah Egianus Kogoya

Newswire  /  Abu Nadzib  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim gabungan TNI-Polri tangkap Yomce Lokbere, anak buah Egianus Kogoya yang ikut bakar pesawat Susi Air di Paro, Kabupaten Nduga, pekan lalu. (ANTARA/HO/Dok Satgas Damai Cartenz)

Solopos.com, NDUGA — Tim gabungan TNI dan Polri menggerebek markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Dalam penggerebekan tersebut aparat membekuk Yomce Lokbere, salah seorang anak buah Egianus Kogoya yang terlibat pembakaran pesawat Susi Air beberapa hari lalu.

Advertisement

Kasatgas Gakkum Ops Damai Cartenz 2023, Kombes Pol. I.G.G. Era Adhinata, dalam keterangan kepada wartawan di Timika, Senin, mengatakan Yomce Lokbere ditangkap Rabu (5/4/2023) di Batas Batu, Kabupaten Nduga.

Dari hasil pemeriksaan terungkap Yomce bertugas mencari dan mengumpulkan logistik, termasuk senjata api dan amunisi.

“Saat ini penyidik masih terus melakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan,” kata Kombes Era yang juga menjabat sebagai Kabid Telekomunikasi dan Informasi (TIK) Polda Papua.

Advertisement

Kombes Era menambahkan, dari data yang dimiliki terungkap Yomce Lokbere terlibat dalam sejumlah aksi bersenjata di Kabupaten Nduga sejak tahun 2021.

Adapun aksi kekerasan yang melibatkan Yomce Lokbere yaitu di tahun 2021 terdiri dari pembakaran camp Dolarossa dan kontak tembak dengan Satgas Yonif Raider 700 di daerah Mapenduma.

Pada 7 Juni 2022 ia terlibat dalam aksi penembakan pesawat SAM AIR PK-SMG di lapangan terbang Kenyam.

Advertisement

Pada 5 Februari 2023 ia ikut dalam tindakan pengancaman terhadap 15 orang pekerja pembangunan puskesmas di Paro serta pembakaran pesawat berlanjut penyanderaan pilot Susi Air asal Selandia Baru Philip Mark Merthens, 37, di Distrik Paro.

“Hingga kini TNI dan Polri masih terus mencari keberadaan pilot berkebangsaan Selandia Baru Philip Mark Merthens,” jelas Kombes Era seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif