News
Rabu, 2 Agustus 2023 - 09:44 WIB

Aparat Gabungan dan KKB Baku Tembak di Yahukimo Papua, 2 Orang Meninggal Dunia

Anshary Madya Sukma  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Markas KKB Papua Kodap XVI Yahukimo/YouTube Antaranews

Solopos.com, YAHUKIMO — Aparat gabungan TNI-Polri, Ops Damai Cartenz 2023 melakukan penggrebekan terhadap markas KKB Kodap XVI Yahukimo Papua, Pimpinan Kopi Tua Heluka di Yahukimo. 

Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan penindakan ini merupakan respons atas gangguan KKB Pimpinan Kopi Tua yang menembak ke arah pos Brimob Paradiso. 

Advertisement

“Penindakan ini dilakukan menyikapi gangguan tembakan ke arah Pos Brimob Paradiso yang dilakukan KKB Pimpinan Kopi Tua Heluka di Yahukimo pada Senin (31/7/2023) kemarin,” kata Faizal dalam keterangannya, dikutip Rabu (2/8/2023) via Bisnis.com. 

Kemudian, aparat gabungan ini telah mengamankan satu orang berinisial AS yang diduga merupakan salah satu pasukan dari KKB setelah dilakukan penyisiran di Pasar Lama.  

Advertisement

Kemudian, aparat gabungan ini telah mengamankan satu orang berinisial AS yang diduga merupakan salah satu pasukan dari KKB setelah dilakukan penyisiran di Pasar Lama.  

Setelah diinterogasi, kata Faizal, pihaknya langsung memperoleh informasi bahwa markas KKB Yahukimo Pimpinan Kopi Tua yang berada di belakang kantor Bupati Yahukimo. 

Dalam penggrebekan, terjadi baku tembak yang berhasil melumpuhkan dua anggota KKB hingga meninggal dunia di lokasi. 

Advertisement

Kombes Faizal menambahkan, dari hasil interogasi terhadap 1 anggota KKB yang telah diamankan tersebut, diperoleh informasi bahwa, Markas KKB Yahukimo Pimpinan Kopi Tua Heluka berada di belakang kantor Bupati Yahukimo sehingga aparat gabungan TNI-Polri langsung merespons dengan penggerebekan.

Adapun, barang bukti yang berhasil diamankan oleh aparat gabungan TNI-Polri dari lokasi penggerebekan pertama yaitu, 1 buah noken warna putih serta 1 buah ponsel dan 1 charger ponsel juga 1 buah speaker. 

Sedangkan barang bukti yang diamankan oleh aparat gabungan TNI-Polri dari lokasi kedua yaitu, beberapa senjata, alat komunikasi hingga pakaian pasukan KKB.

Advertisement

“1 anggota KKB inisial AS dan sejumlah barang bukti, telah diamankan ke Polres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan dan proses identifikasi lebih lanjut,” pungkas Faizal. 

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “TNI-POLRI dan KKB Baku Tembak di Yahukimo, Dua Orang Meninggal Dunia”

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Baku Tembak Kkb Papua Papua
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif