News
Jumat, 15 Desember 2023 - 15:53 WIB

Anies Sebut Wakanda No More, Jokowi: Kami Tak Batasi Kebebasan Berpendapat

Newswire  /  Mariyana Ricky P.d  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Capres nomor urut satu Anies Baswedan (tengah) duduk sambil berbicara dengan tim sukses disela debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wpa/YU

Solopos.com, BOGOR — Ungkapan Wakanda no more, Indonesia forever disampaikan Calon Presiden (capres) no urut 1 Anies Baswedan dalam debat perdana capres Selasa (12/12/2023) malam, yang terkait dengan kebebasan berpendapat bagi masyarakat.

Menurut dia, Anies memilih menggunakan ungkapan itu karena sering memantau perkembangan yang terjadi di media sosial terkait dengan masyarakat atau milenial yang kerap takut menyampaikan kritik langsung terhadap pemerintah.

Advertisement

Anies menyebut tentang kebebasan berpendapat yang harus terjaga, serta menekankan bahwa tidak boleh ada lagi ketakutan untuk menyampaikan pendapat pada masa depan.

Wakanda atau terkadang Konoha kerap disebut untuk menggantikan nama Indonesia saat sejumlah anak muda melontarkan kritik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons ungkapan tersebut. “Ya, itu sebagai evaluasi; tetapi yang jelas kami ini kan tidak pernah melakukan pembatasan-pembatasan apa pun,” kata Jokowi di Jakarta, Jumat (15/12/2023), dilansir Antara.

Advertisement

Dia mengatakan Pemerintah tidak melakukan pembatasan publik dalam berbicara dan berpendapat.

“Ada yang maki-maki presiden, ada yang caci maki presiden, ada yang merendahkan presiden, ada yang menjelekkan juga; (saya) biasa-biasa saja,” kata Jokowi.

Dia menegaskan bahwa pihaknya juga tidak melarang publik untuk melakukan aksi demonstrasi sesuai ketentuan.

Advertisement

“Di Patung Kuda (Jakarta), di depan Istana juga demo, juga hampir setiap minggu, setiap hari juga ada, juga enggak ada masalah,” ujar Jokowi.

Berdasarkan harfiah, ungkapan Wakanda no more, Indonesia forever bisa diartikan sebagai tidak ada lagi Wakanda, Indonesia selamanya.

Dalam konteks Indonesia, Wakanda yang merupakan sebuah negara fiksi yang dikenal dari film Black Panther karya Marvel Cinematic Universe (MCU), sering digunakan sebagai perumpamaan untuk menyindir atau mengkritik kondisi Indonesia, atau mengekspresikan kekecewaan terhadap kebijakan pemerintah dalam tata kelola negara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif