News
Sabtu, 15 April 2017 - 06:30 WIB

ANGKUTAN LEBARAN 2017 : Tiket KA Tambahan Lebaran Dijual mulai Besok

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dirut PT KAI Edi Sukmoro (kiri) menginpeksi gerbong kereta api di Stasiun Tawang, Kota Semarang, Kamis (16/3/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Angkutan Lebaran 2017, tiket KA tambahan Lebaran akan dijual mulai Minggu (16/4/2017).

Solopos.com, SOLO — Tiket kereta api (KA) tambahan Lebaran dijual mulai Minggu (16/4/2017) pukul 00.01 WIB. Sebanyak 4.916 kursi per hari disediakan bagi calon penumpang dari dan menuju Jogja serta Solo.

Advertisement

Corporate Communication PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, menyampaikan ada 12 perjalanan KA tambahan Lebaran tahun ini yang akan dioperasikan setiap hari untuk keberangkatan mulai 15 Juni. KA yang disediakan di antaranya Argo Lawu Fakultatif dan Argo Dwipangga Fakultatif relasi Gambir-Solo masing-masing sebanyak 700 kursi.

Taksaka Pagi Lebaran dan Taksaka Malam Lebaran dengan rute Gambir-Jogja masing-masing manampung 700 kursi. Lodaya Lebaran untuk mengangkut penumpang Bandung-Solo dan sebaliknya disediakan 964 kursi dan 1.152 kursi per hari disediakan bagi masyarakat yang ingin bepergian dari Jogja-Surabaya Gubeng dan sebaliknya menggunakan Sancaka Lebaran.

“Masyarakat yang ingin memesan tiket KA tambahan Lebaran bisa memanfaatkan website KAI, aplikasi KAI Access, contact center 121, dan channel eksternal. Tingginya animo masyarakat membuat sistem dan server terus diperbaiki supaya tidak down saat banyak yang mengakses,” ujarnya kepada Solopos.com, Kamis (13/4/2017).

Advertisement

Eko menyampaikan beberapa tips bagi yang ingin berburu tiket KA tambahan Lebaran, yakni memastikan koneksi Internet stabil, mencari alternatif tanggal atau rute KA karena KA tambahan Lebaran dirilis bersamaan dengan keberangkatan 15 Juni-6 Juli bisa memanfaatkan alternatif tiket terusan. Traffic biasanya penuh pada menit pertama dirilis.

Konsumen bisa memesan tiket pada pukul 03.00 WIB karena ada yang sudah berhasil membeli tapi tidak segera melakukan pembayaran sehingga setelah tiga jam dari waktu pemesanan, tiket yang dipesan otomatis batal dan kembali tersedia untuk umum.

Lebih lanjut, dia menyampaikan penjualan tiket KA Lebaran reguler sudah banyak yang ludes terutama mendekati hari H Lebaran. Oleh karena itu, diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan KA tambahan Lebaran.

Advertisement

Sementara itu, Eko mengatakan libur panjang akhir pekan ini penumpang sangat tinggi, tidak hanya untuk penumpang KA jarak jauh tapi juga penumpang KA lokal, seperti Prameks. Hal ini karena banyak masyarakat yang ingin berlibur ke Jogja maupun ke Solo.

“KA jarak jauh sudah terisi semua untuk dari dan menuju Daops VI. Begitu juga KA lokal, biasanya selama tiga hari ini akan penuh dan mampu mencapai kapasitas maksimal dengan mengangkut 13.000 orang per hari,” kata dia.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif