News
Rabu, 11 Januari 2023 - 12:50 WIB

Aneh, Muncul Pulau Baru di Kepulauan Tanimbar Maluku Seusai Gempa

Rendi Mahendra  /  Rudi Hartono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Fenomena pulau baru di Desa Teinaman kecamatan Tanimbar utara, pasca gempa berkekuatan magnitudo 7,5 mengguncang Maluku. (Antara/Ho-Dokumentasi warga).

Solopos.com, JAKARTA-Warga digegerkan dengan munculnya pulau baru ke permukaan air setelah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, diguncang gempa berkekuatan lebih dari Magnitudo 7, Selasa (10/12/2022) dini hari ini waktu setempat.

Kepala Desa Teinaman Kecamatan Tanimbar Utara, Bony Kelmaskossu, menjelaskan terkait bentuk pulau baru itu berupa tumpukan material yang muncul ke permukaan air dekat pantai.

Advertisement

“Temuan di Desa Teinaman Kecamatan Tanibar Utara, gempa berkekuatan Magnitudo lebih dari 7 mengakibatkan munculnya tumpukan material sehingga membentuk pulau,” kata Bon, Rabu (11/12/2022).

Munculnya pulau baru tersebut membuat warga sekitar, khususnya masyarakat Desa Teinaman, panik dan ketakutan sehingga memilih mengungsi sementara waktu.

“Kebijakan yang ditempuh, kami arahkan masyarakat untuk mengungsi sementara waktu,” jelas Bony.

Advertisement

Dilihat dari akun Instagram @Insta_Julid mengunggah video diduga lokasi munculnya pulau baru di Desa Teinaman. Tampak dari unggahan itu, terlihat seorang lelaki yang memakai seragam dinas sedang berdiri membelakangi tumpukan material sembari menjelaskan kronologi diduga munculnya pulau baru tersebut.

“Temuan yang bersumber dari gempa semalam mengakibatkan munculnya benda di belakang saya. Ini kejadian aneh di desa kami Desa Teinaman. Kejadian aneh ini mengakibatkan seluruh warga sekitar mengungsi karena ketakutan, sehingga warga masyarakat mengungsi,” kata orang dalam video itu.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Ambon Luthfy Pary mengatakan pihaknya belum bisa mengonfirmasi terkait fenomena munculnya pulau baru di Desa Teinaman. Menurut dia, fenomena itu mirip dengan mud volcano.

Advertisement

“Informasi yang kami peroleh belum lengkap apakah fenomena itu memang murni diakibatkan oleh dampak ikutan gempa atau bukan. Sejauh ini kami belum mendapat informasi yang akurat,” ujar Luthfy.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Warga Tanimbar Digegerkan dengan Munculnya Pulau Baru Setelah Maluku Digunjang Gempa M 7,5

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif