News
Senin, 3 Oktober 2022 - 15:30 WIB

Akulturasi Budaya Arab dan China Lahirkan Kebaya, Lambang Emansipasi Wanita

Kebaya berasal dari bahasa Arab yakni kaba yang berarti pakaian dan diperkenalkan lewat bahasa Portugis ketika mereka mendarat di Asia Tenggara. Sementara versi lain mengatakan kebaya ada kaitannya dengan pakaian tunik perempuan pada masa Kekasiran Ming di China.

  Muh Khodiq Duhri   | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Model Rebecca Rejiman membawakan busana kebaya dalam Pagelaran Busana 'Kebaja Saja' di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Pasar Baru, Jakarta, Selasa (30/8/2022). Sebanyak 17 perempuan lintas profesi membawakan kebaya tersebut dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia serta memberikan dukungan terhadap gerakan kampanye Kebaya Goes To UNESCO, yaitu gerakan menyuarakan agar kebaya ditetapkan sebagai warisan dunia budaya tak benda dari Indonesia. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU

Solopos.com, SOLO — Akhir-akhir ini, muncul dorongan kuat supaya kebaya mendapat pengakuan internasional sebagai warisan budaya tak benda dari Unesco sebagaimana batik, wayang, keris, gamelan, angklung, pencak silat dan lain-lain.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif