News
Selasa, 1 Januari 2013 - 21:45 WIB

Akhir Tahun, Nilai Penjualan Toko Ritel Meningkat

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembeli di toko modern. (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

SOLO — Omzet penjualan sejumlah toko ritel yang beroperasi di mal mengalami peningkatan pada akhir tahun 2012. Peningkatan itu disebabkan oleh daya beli masyarakat Solo yang kuat serta berbagai promosi diskon yang digeber .
Advertisement

Store Manager Informa Home Furnishing Solo, Siti Partimah, mengatakan omzet penjualan selama Desember merupakan omzet tertinggi sepanjang tahun. Anchor tenant Solo Paragon Lifestyle Mall itu mengaku omzet penjualan bulan Desember naik 15% dibandingkan pada saat Hari Raya Lebaran. “Laju penjualan barang cukup besar di bulan Desember dan memberikan kontribusi besar terhadap omzet toko. Selain dari warga Solo, penjualan juga dilakukan oleh pengunjung luar kota,” terangnya, Selasa (1/1/2012).

Selain omzet penjualan, jumlah pengunjung yang masuk ke Informa Home Furnishing pun melonjak sebesar 15% selama Desember. Akibatnya, target omzet akhir tahun yang ditetapkan sudah tercapai. Pencapaian selama sebulan itu bahkan melebihi target yang ditetapkan. Selama bulan Desember, Informa juga menggeber berbagai promosi diskon seperti gift purchase, free diskon 10% di departemen tertentu serta promo diskon guntingan Koran. Promo diskon potongan gunting koran itu merupakan program baru Informa.

Siti mengaku pencapaian itu menorehkan prestasi sebagai tenant yang baru dibuka selama satu tahun di Solo. Ia bahkan mengatakan pencapaian ini melebihi ekspektasinya. Hal itu juga membuktikan bahwa daya beli masyarakat Solo dan sekitarnya cukup kuat. Sehingga, meskipun tahun depan persaingan diprediksi akan semakin ketat, ia optimistis dapat bersaing secara fair.

Advertisement

Terpisah, Staf Matahari Department Store (MDS) Hartono Lifestyle Mall, Lunny, juga mengaku dua pekan terakhir omzet penjualan meningkat 50%. Anchor tenant yang baru dibuka sebulan terakhir itu menggelar promo in store selama bulan Desember. Pihaknya juga menggelar beberapa acara untuk menggaet para pembeli. Ia optimistis jika seluruh tenant di Hartono Lifestle Mall dibuka akan membawa kontribusi positif terhadap penjualan di MDS.

“Kami menunggu grand opening mal yang rencananya akan dilakukan pada bulan Maret 2013 nanti. Saat pengunjung mal mulai ramai, kami optimistis omzet penjualan akan merangkak naik,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif