News
Kamis, 12 Januari 2023 - 20:08 WIB

Ajudan Sebut Hasil Adopsi, Sambo Kukuh Putra Keempatnya Anak Kandung

Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brihadir J, Ferdy Sambo, memakai kacamata saat menjalani sidang di PN Jaksel, Selasa (10/1/2023). (Tangkapan layar video sidang di YouTube).

Solopos.com, JAKARTA – Ferdy Sambo menjalani pemeriksaan terakhir sebagai terdakwa, Selasa (10/1/2023) lalu, sebelum dituntut oleh jaksa, pekan depan.

Dalam pemeriksaan sebagai terdakwa, sejumlah kejanggalan dan keanehan tersaji di depan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang dipimpin hakim Wahyu Iman Santoso.

Advertisement

Salah satunya adalah pengakuan Sambo bahwa dirinya memiliki empat anak kandung, hasil pernikahannya selama 22 tahun dengan Putri Candrawathi.

Anak keempat yang berstatus anak bungsu dan masih berusia 1,5 tahun diakui Sambo sebagai anak kandungnya.

“Berapa hasil dari pernikahan Saudara dengan Bu Putri?” tanya salah satu kuasa hukum Sambo, Rasamala Aritonang, seperti dikutip Solopos.com dari kanal Youtube KompasTV, Kamis (12/1/2023).

Advertisement

“Empat orang, dua putra dua putri. Yang terakhir berusia 1,5 tahun,” jawab Sambo.

“Sekarang siapa yang mengurus anak-anak?” lanjut Rasamala.

Ferdy Sambo terdiam beberapa detik. Ia sempat menunduk lalu mendekatkan mikropon ke bibirnya.

“Saya tidak kuat (menjawab),” jawab Sambo dengan suara lemah.

Advertisement

“Oke saya skip (lewati),” sahut Rasamala lalu beralih ke pertanyaan lainnya.

Keterangan Saksi Daden

Tentang anak keempat Ferdy Sambo itu sempat diungkap di awal-awal persidangan persidangan pada Oktober 2022 lalu.

Berdasarkan dokumentasi Solopos.com, salah satu ajudan Sambo, Daden Miftahul Haq, di awal-awal persidangan menyebut anak keempat Sambo dan Putri Candrawathi merupakan anak adopsi.

“Dari tahun 2019 dia pernah hamil dan melahirkan?” tanya hakim kepada Daden saat menjadi saksi di sidang Bharada Eliezer di PN Jaksel, Senin (31/10/2022).

Advertisement

“Siap, Yang Mulia, untuk anak Ibu PC dan Bapak yang paling kecil itu anak adopsi, Yang Mulia. Untuk prosesnya kami tidak tahu, Yang Mulia,” ucap Daden.

Namun keterangan ini berbeda dengan pengakuan asisten rumah tangga Sambo, Susi.

Sama dengan Sambo, Susi menyebut anak keempat yang baru berusia 1,5 tahun merupakan anak kandung Sambo dan Putri.

Susi mengatakan Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo memiliki empat anak. Anak terakhir, menurut Susi, masih berusia 1,5 tahun.

Advertisement

“Anaknya siapa yang lahirkan? Ibunya siapa?” tanya hakim Wahyu kepada Susi yang menjadi untuk terdakwa Bharada Eliezer.

“Ibu Putri Candrawathi,” kata Susi.

Hakim mengingatkan Susi bahwa dirinya sudah disumpah sebagai saksi sehingga jika berbohong bakal ada sanksi hukum yang menjerat.

“Ibu Putri,” ulang Susi dengan suara pelan.

Susi mengatakan anak keempat Putri lahir pada 23 Maret 2021. Yang aneh, kendati hafal tanggal lahir anak keempat Sambo namun Susi tidak tahu di mana Putri melahirkan anak bungsunya tersebut.

“Anda hafal tanggal lahirnya tapi tidak tahu di mana lahirnya, kan aneh. Anda berbohong terus,” cecar hakim yang membuat Susi tertunduk.

Advertisement

Berdasarkan dokumentasi Solopos.com, Ferdy Sambo lahir pada 9 Februari 1973 alias saat ini berusia 49 tahun. Sementara istrinya, Putri Candrawathi adalah teman sekelasnya saat SMP yang berusia sama.

Jika anak keempat mereka saat ini berusia 1,5 tahun, berarti bocah laki-laki tersebut lahir ketika Putri Candrawathi berusia lebih dari 47 tahun.

“Benarkah usia 47 tahun melahirkan lagi?” tanya salah satu pengacara keluarga mendiang Brigadir Yosua, Kamarudin Simanjuntak dalam sejumlah kesempatan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif