News
Rabu, 22 Februari 2012 - 10:40 WIB

AGUS MARTO KECEWA Anggaran Cuma 'Rajin' Dipakai Untuk Gaji PNS

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Keuangan, Agus Martowardojo

Menteri Keuangan, Agus Martowardojo

JAKARTA–Anggaran pemerintah yang jumlahnya seribu triliun lebih tahun lalu hanya ‘rajin’ dipakai untuk pembayaran gaji PNS dan operasional Kementerian/Lembaga saja di awal tahun.

Advertisement

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan penggunaan anggaran pemerintah harusnya digunakan untuk hal yang menyentuh masyarakat luas.

“Hampir seluruh instansi penyerapannya ekstrem di akhir-akhir tahun. Di awal tahun Lebih didominasi gaji dan operasional saja, dan yang menyentuh masyarakat luas kurang sekali,” tutur Agus di Gedung Dhanapala Kompleks Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Rabu (22/2/2012).

Dikatakan Agus, sistem reformasi birokrasi sebenarnya membuat perilaku aparatur negara semakin membaik. Namun hasil yang dicapai menurut Agus belum maksimal.

Advertisement

“Banyak yang harus terus dibenahi baik di pusat maupun di daerah. Aparat pemerintah semestinya berperan luas dan intensif bekerja demi pengelolaan keuangan,” jelas Agus.

Agus mengatakan pemerintah belum memiliki pola penyerapan anggaran yang proporsional. “Penerimaan APBN, tax ratio masih rendah. Meningkatkan kepatuhan pembayaran perpajakan termasuk PNBP (penerimaan negara bukan pajak) dan pembayaran
dari bendahara negara,” tuturnya.

(detikcom)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif