News
Kamis, 27 Juni 2013 - 23:50 WIB

AGENDA RAMADAN : Puasa, Hotel di Solo Padat Kegiatan MICE

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Hotel berbintang di Kota Solo panen agenda meeting, incentive, convention and exhibition (MICE), sejak dua pekan menjelang Puasa.

Berbeda dengan momen Puasa tahun sebelumnya, tingginya aktivitas MICE diperkirakan akan terus berlanjut hingga mendekati Lebaran. Public Relations Officer Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH), Tia Kristiyanti, menyampaikan dua pekan ini okupansi MICE di KSPH mencapai 100%.
Dua belas ruang meeting yang dimiliki KSPH penuh dengan kegiatan meeting dari kementerian dan dinas-dinas tingkat provinsi.

Advertisement

“Banyak korporat yang mengejar agenda meeting sebelum Puasa. Tetapi, di tahun ini ada sedikit perubahan pola meeting, apalagi terkait turunnya anggaran pemerintah. Di bulan Puasa, agenda meeting di hotel kami cukup tinggi hingga 28 Juli,” papar Tia, saat ditemui Solopos.com, di ruang kerjanya, Kamis (27/6/2013). Setelah itu, karakter tamu hotel akan berganti dengan tamu Lebaran yang banyak datang dari kalangan famili.

Tia mengatakan, reservasi agenda MICE di KSPH untuk bulan Puasa Juli mendatang sudah mencapai 80%. Aktivitas MICE hanya akan turun pada hari Sabtu-Minggu.

Realisasi ini meningkat signifikan dibanding tingkat okupansi MICE di bulan Puasa tahun lalu hanya berkisar 30%.

Advertisement

“Tingginya permintaan fasilitas MICE ini memaksa kami menolak beberapa permintaan. Kami mengutamakan pelanggan yang memberikan konfirmasi lebih awal.”

Public Relations Manager Lorin Solo Hotel, Kartika Oktavia Pravitasari, juga menyampaikan saat ini dua belas fasilitas MICE penuh dengan aganda meeting. “Tidak hanya dari kementerian dan dinas-dinas di tingkat provinsi, government dari luar Jawa juga banyak yang menggelar agenda meeting di hotel kami.”

Posisi 100% hingga menjelang Puasa ini, nantinya akan turun pada bulan Puasa. Tetapi, kembali disampaikan Vita, okupansi MICE pada bulan Puasa ini diperkirakan akan lebih tinggi dibanding bulan Puasa tahun lalu. Saat ini saja, manajemen Lorin Solo Hotel sudah menerima konfirmasi beberapa agenda meeting yang diselenggarakan selama bulan Puasa.

Advertisement

“69% tingkat okupansi MICE sudah terisi. Kami optimistis, MICE di bulan Puasa mampu mencatat angka keterisian hingga 80%. Angka ini meningkat tajam dibanding okupansi MICE bulan Puasa tahun lalu yang hanya 60%.”

Di Hotel Novotel Solo dan Solo Paragon Hotel&Residences saat ini kondisinya juga sama. “Full sampai tanggal 7 Juli,” kata Marketing Communications Solo Paragon Hotel&Residences, Nicky Olivia.

Di Solo Paragon Hotel&Residences, Nicky menyebutkan reservasi untuk kegiatan MICE baru berkisar 30%. “Biasanya memang MICE akan turun. Dan kami memanfaatkan waktu Puasa ini untuk melakukan renovasi ballroom.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif