News
Sabtu, 3 Februari 2024 - 11:12 WIB

Addin Jauharudin Terpilih Jadi Ketua Umum GP Ansor 2024- 2029

Newswire  /  Rohmah Ermawati  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketum GP Ansor Addin Jauharudin hasil Kongres XVI, Jumat (2/2/2024) (nu.or.id)

Solopos.com, JAKARTA–Addin Jauharudin ditetapkan sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (Ketum PP GP Ansor) masa khidmat 2024- 2029 dalam Kongres XVI GP Ansor yang berjalan damai di KM Kelud Perairan Laut Jawa, Jumat (2/2/2024).

Dalam kongres tersebut, Addin ditetapkan sebagai ketum baru GP Ansor secara aklamasi diiringi dengan ketukan palu tanda ditetapkannya sebagai Ketua Umum Periode 2024-2029. Addin resmi melanjutkan estafet kepemimpinan dari ketum sebelumnya Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut.

Advertisement

Dilansir Antara, Kongres XVI GP Ansor dihadiri utusan dari 34 pengurus wilayah, 429 pengurus cabang dengan total peserta 1.700 orang. Selain itu, ada 3 dari 6 pengurus cabang luar negeri yang ikut menghadiri kongres, yaitu Arab Saudi, Taiwan, dan Mesir.

Kongres XVI GP Ansor diselenggarakan di darat-laut. Dibuka di Tanjung Priok, Jakarta dan meneruskan perjalanan ke Tanjung Emas, Semarang.

Advertisement

Kongres XVI GP Ansor diselenggarakan di darat-laut. Dibuka di Tanjung Priok, Jakarta dan meneruskan perjalanan ke Tanjung Emas, Semarang.

“Kepesertaan kongres berjumlah 429 sehingga sudah lebih dari 50 persen kuorum,” kata Pimpinan Sidang Kongres XVI GP Ansor, Faisal Saimima, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (3/2/2024).

Pada kesempatan tersebut, Addin berharap bisa memegang tanggung jawab besar ini secara amanah dan bersama-sama.

Advertisement

Dia menegaskan perlunya memanfaatkan angin dan gelombang untuk lekas membawa kapal organisasi sampai pada cita bersama. “Semakin kapal itu melaju menuju dermaga tujuan, maka angin juga makin kencang dan gelombang semakin besar,” ujarnya saat menyampaikan pidato seusai menerima pataka panji organisasi GP Ansor Gus Yagut di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu dini hari.

“PR kita adalah bagaimana kemudian memanfaatkan angin yang besar dan gelombang yang besar untuk sampai pada tujuan,” lanjutnya seperti dikutip dari nu.or.id.

Addin berharap seluruh kader Ansor dapat bersama-sama bahu-membahu memperkuat soliditas untuk menuju cita-cita itu. “Saya berharap kita semakin solid semakin kuat barisan kita. Kita adalah gerombolan para pemimpin terdididik yang siap untuk memimpin organisasi yang cepat dan terbaik,” ujarnya.

Advertisement

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membuka kongres tersebut menilai ide kongres di kapal ini sebagai ide kreatif dan inovatif.

“Saya sering mendatangi kongres, munas organisasi kepemudaan, namun baru kali ini kongres diadakan di atas kapal laut, ini berarti GP Ansor kreatif dan inovatif,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif