News
Jumat, 18 November 2022 - 09:07 WIB

4 Hal yang Berpotensi Adang Donald Trump Nyapres di 2024

Asahi Asry Larasati  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden AS, Donald Trump. (JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, JAKARTA—Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan niatmya untuk kembali maju sebagai calon presiden pada Pemilihan Umum (Pemilu) Amerika Serikat mendatang. Niatnya kembali maju menjadi capres Amerika Serikat semakin kuat, karena para ajudan Trump sudah mengajukan dokumen ke Komisi Pemilihan Federal AS yang membentuk sebuah komite disebut ‘Donald J Trump untuk Presiden 2024’.

Meski demikian, terdapat beberapa hal yang terus menjadi sorotan sehingga berpotensi menghalangi mimpi mantan presiden tersebut.

Advertisement

Baca Juga Jokowi Berharap KTT G20 Bali Hasilkan Kerja Sama Konkret

1. Rekam Jejak Kepemimpinan

Advertisement

1. Rekam Jejak Kepemimpinan

Trump memiliki sejumlah pencapaian berdasarkan kebijakan yang dia buat selama empat tahun menjabat sebagai presiden AS, mulai dari pemotongan pajak dan reformasi peradilan pidana. Namun, Trump sempat dinilai gagal memimpin terkait wabah covid-19. Dia juga dianggap tidak mampu mereformasi sistem layanan kesehatan serta janjinya soal investasi infrastruktur yang tidak ada hasilnya.

2. Peristiwa 6 Januari

Advertisement

3. Masalah Hukum

Trump nampak bersemangat kembali mencalonkan dirinya karena sangat memungkinkan untuk lebih mudah membatasi berbagai penyelidikan kriminal juga perdata terhadap berbagai bidang sebagai upaya balas dendam politik. Meskipun cara tersebut mungkin berhasil dalam hubungan masyarakat, Trump beresiko terkena kasus-kasus lainnya. Selain itu, saat ini Trump juga sedang menghadapi penyelidikan kriminal terkait gangguan pemilu di Georgia, kasus penipuan sipil, gugatan pencemaran nama baik dan penyelidikan federal atas perannya.

Baca Juga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Terbaik di Antara G20

Advertisement

4. Menghadapai Lawan Lebih Kuat

Delapan tahun lalu saat pemilihan calon presiden dari Partai Republik, Trump berhadapan langsung dengan Gubernur Florida, Jeb Bush yang dianggap unggulan partai. Perang kampanye dan popularitas saja tidak cukup, jika Trump ingin kembali mencalonkan diri pilpres 2024, kemungkinan dia akan kembali menghadapi Jeb.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul 4 Hal yang Berpotensi Menghalangi Donald Trump Nyapres di 2024

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif