News
Jumat, 12 Mei 2023 - 20:39 WIB

4 Anggota Kabinet Jokowi Daftar Caleg, Ada Menkumham dan Menkominfo

Dany Saputra  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Yasonna Hamonangan Laoly. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Solopos.com, JAKARTA — Tiga menteri dan satu wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) dalam Pemilu 2024.

Keempat pembantu Presiden di kabinet itu berasal dari PDIP, Partai Nasdem, dan PPP.

Advertisement

Dari PDIP tercatat nama Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yosanna Laoly; di Partai Nasdem ada dua yakni Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G.Plate di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Senin (27/6/2022).. (Antara/Livia Kristianti).

Sedangkan satu lagi anggota kabinet yang mendaftar sebagai caleg adalah Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Taujid Saadi yang akan maju melalui PPP.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono mengungkapkan, Wamenag Zainut akan bersaing di daerah pemilihan Jawa Timur (Jatim) meski tak jelas di wilayah mana.

Advertisement

“Untuk Pak Zainut Taujid, Wamenag, Insya Allah beliau mencalonkan. Kami beri tugas untuk mencalonkan di dapil Jawa Timur,” ungkap Mardiono di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2023).

Sebelumnya, kepastian majunya Menkominfo Johnny G. Plate dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo diungkapkan Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya.

Syahrul Yasin Limpo akan bersaing di daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Selatan I, yang terdiri dari Kabupaten Bantaeng, Gowa, Jeneponto, Kepulauan Selayar, Takalar, dan Kota Makassar.

Advertisement

Johnny G. Plate bakal bersaing di dapil Nusa Tenggara Timur (NTT) I, yang terdiri dari Kabupaten Alor, Ende, Flores Timur, Lembata, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Nagekeo, Ngada, dan Sikka.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengakui belum tahu Menteri Hukum dan HAM Yosanna Laoly akan nyaleg dari daerah mana.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Empat Menteri Jokowi Dipastikan Maju di Pileg 2024, Siapa Saja?”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif