News
Senin, 22 Februari 2010 - 18:04 WIB

4.000 Pilot Lufthansa mogok kerja

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berlin–Serikat pilot maskapai penerbangan Lufthansa, Jerman, melakukan aksi mogok kerja selama 4 hari. Aksi dilakukan menindaklanjuti kegagalan negosiasi kenaikan gaji dan jaminan keselamatan kerja dengan pihak perusahaan.

Sebagaiman dikutip dari CNN, lebih dari 4.000 pilot meninggalkan pekerjaannya mulai Senin-Kamis (22-25/2), waktu setempat. Aksi tersebut merupakan bentuk protes terhadap negosiasi kontrak kerja terkait gaji dan jaminan keselamatan kerja yang berlarut-larut.

Advertisement

Bahkan dua pertiga jadwal penerbangan hari Senin-Kamis telah dibatalkan menyusul aksi mogok kerja yang dilakukan. Aksi mogok ini diprediksikan akan memberikan pengaruh besar bagi operasional penerbangan internasional, karena penerbangan Lufthansa mencakup ke 80 negara di dunia.

Akibat aksi ini, para penumpang yang berada di Bandara Frankfurt, Jerman, banyak yang merasa terganggu. Menurut seorang perwakilan serikat pilot, Jorg Handwerg, sebagian besar pilot Lufthansa telah bekerja tanpa kontrak sejak Maret dan lebih dari 90 persen anggota serikat pilot memilih untuk mogok kerja.

Pada tahun 2008, Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) menobatkan Lufthansa sebagai maskapai penerbangan terbesar ke-2 di dunia dengan jumlah penumpang 42,2 juta orang. Tapi mulai tahun 2009, pendapatan Lufthansa menurun 15% dari jumlah pendapatan tahun sebelumnya sebesar US$ 535 miliar dan penumpang anjlok 3,5 persen.

detikcom/rei

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Lufthansa Mogok Kerja
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif