News
Minggu, 19 Maret 2023 - 12:35 WIB

3 Nakes Viral soal Layanan Pasien BPJS vs Umum Bekerja di Puskesmas Sulteng

Rudi Hartono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Video nakes layani pasien umum vs BPJS viral di Twitter pada Sabtu (18/3/2023). (Tangkapan layar Twitter @rampoeng)

Solopos.com, SOLO–Video TikTok tiga orang diduga tenaga kesehatan (nakes) puskesmas yang menggambarkan perbedaan layanan kesehatan kepada pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dengan layanan terhadap pasien nonpeserta JKN viral di media sosial.

Warganet atau netizen merespons negatif video itu.

Advertisement

Pantauan Solopos.com, Minggu (19/3/2023), salah satu warganet yang membagikan video viral tingkah tak elok tiga nakes itu adalah akun Twitter @rampoeng.

Ada dua video TikTok yang dibagikan. Kedua video bersumber dari akun TikTok @rintobelike2. Video pertama memperlihatkan tiga orang yang terdiri atas satu lelaki dan dua perempuan berjilbab berjoget dengan latar musik disko.

Advertisement

Ada dua video TikTok yang dibagikan. Kedua video bersumber dari akun TikTok @rintobelike2. Video pertama memperlihatkan tiga orang yang terdiri atas satu lelaki dan dua perempuan berjilbab berjoget dengan latar musik disko.

Video itu terdapat keterangan Ketika ada pasien umum. Salah satu perempuan mengenakan seragam khas seragam nakes.

Video itu dinilai menggambarkan nakes yang gembira saat melayani pasien umum.

Advertisement

Video itu diberi keterangan Ketika pasien BPJS masuk dengan diberi emoticon ekspresi mengantuk.

Video tersebut dinilai menggambarkan tenaga kesehatan bermalas-malasan ketika ada pasisen peserta JKN yang datang.

Warganet lainnya membagikan video TikTok lelaki dalam video sebelumnya merokok di tempat kerjanya sambil berjoget di ranjang perawatan.

Advertisement

Ada juga warganet yang membagikan tangkapan layar yang menunjukkan lelaki tersebut merokok. Pada tangkapan layar itu terdapat keterangan Sini dek kaka racun biar sekalian mati.

Video-vidoe itu ditanggapi negatif warganet. Akun Twitter @audimuttaqin menyebut perilaku nakes yang tak pantas seperti itu membuat masyarakat enggan mengakses layanan kesehatan di puskesmas.

“ya ampun setelah liat akun tktknya makin gedeg dong, bikin malu nakes aja, nih lagi ngevape di tempat kerja, gimana masyarakat makin ga nyaman buat berobat ke puskesmas kalo bentukan nakesnya begini?” tulis akun tersebut.

Advertisement

Warganet lainnya, @Aveeilasoften, mengecam perilaku nakes dalam video yang viral tersebut. Akun tersebut menuding nakes yang tak patut ditiru itu bisa menjadi nakes hasil menyogok.

“Sebenarnya yang sakit dia sih, ruangan yang harusnya steril malah dia pake buat ngevape, gua yakin sih dia lulusan nakes hasil nyogok makanya otaknya kagak dipake,” tulis akun itu.

BPJS Kesehatan merespons video itu melalui akun Twitter @BPJSKesehatanRI.

 “Halo. Maaf Sahabat, apabila ada ketidaksesuaian prosedur pelayanan kesehatan yang diterima, dapat pengaduan melalui Website resmi BPJS Kesehatan, Aplikasi Mobile JKN, loket PIPP RS / Petugas BPJS SATU di RS yang bersangkutan. Terima kasih. -rici,” tulis BPJS Kesehatan.

Warganet lainnya menelusuri nama puskesmas tempat para nakes di video viral itu bekerja. Informasi dari warganet, mereka merupakan nakes yang bertugas di Puskesmas Lambunu 2, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng).

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif